4 Manfaat Tidur Tanpa Memakai Bra

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tidur Tanpa Bra
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia, karena memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Di samping itu, kebiasaan yang mendukung tidur juga mempunyai manfaat. Misalnya minum air sebelum tidur. Lantas bagaimana dengan kebiasaan tidur tanpa mengenakan bra bagi wanita? Apakah juga memberikan manfaat?

Tak dipungkiri, sempat beredar anggapan tidur menggunakan bra dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan. Sehingga banyak wanita yang memercayai bra dapat memblokir kerja kelenjar getah bening saat tidur, sehingga menyebabkan timbulnya kanker payudara.

Namun hingga kini hasil penelitian yang dilakukan American Association for Cancer Research masih menjadi acuan para praktisi kesehatan terhadap anggapan tersebut. Penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara penggunaan bra saat tidur dengan kemunculan sel kanker pada payudara. Meski begitu, terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan tidur tanpa memakai bra. Melansir laman helloSEHAT, berikut ini ulasannya.

Mengurangi keringat

Menggunakan bra saat tidur, terlebih ketika suhu ruangan naik di malam hari dapat menyebabkan Anda berkeringat. Bahkan beberapa jenis bra yang terbuat dari bahan sintetik dapat membuat Anda mengeluarkan keringat berlebih. Itu sebabnya, tidur tanpa mengenakan pakaian dapat menurunkan temperatur tubuh.

Pada dasarnya suhu tubuh memang menurun ketika tidur, melepas pakaian atau tidur tanpa bra dapat menjaga suhu tubuh tetap rendah. Dengan begitu, saraf parasimpatis yang membantu tubuh untuk beristirahat dengan lebih optimal pun bisa aktif lebih cepat.

Meningkatkan kualitas tidur

Kebanyakan desain bra, baik yang berkawat maupun tidak, disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas sehari-hari. Hal ini membuat penggunanya bergerak secara aktif, tapi tidak untuk beristirahat ataupun tidur. Bentuknya yang ketat justru dapat membuat Anda merasa sesak atau pengap, sehingga tidak nyaman ketika memakainya saat tidur.

Perasaan tidak nyaman ketika tidur ini dapat menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur atau mengalami gangguan tidur. Akibatnya, Anda tidak memperoleh waktu istirahat yang cukup dan berkualitas sehingga energi tubuh tidak bisa sepenuhnya pulih.

Mengurangi risiko infeksi kulit

Memakai bra seharian penuh dapat mengganggu sirkulasi udara pada pori-pori kulit yang tertutupi. Saat bra tidak pernah dilepaskan, kulit akan sulit menyerap udara sehingga menciptakan lingkungan lembap dan kondusif untuk perkembangbiakan bakteri berbahaya. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan kemunculan jamur kulit dan iritasi sehingga muncul rasa gatal.

Mengurangi risiko penyumbatan limpatik

Bentuk bra yang terlalu ketat dan kaku dapat memberikan tekanan berlebih pada payudara. Efeknya, kemungkinan besar sama dengan tekanan berlebih dari lemak pada orang yang obesitas. Apabilarutin memakai bra seperti ini ketika tidur, Anda bisa berisiko menyebabkan penyumbatan limfatik. Apalagi jika Anda memiliki berat badan berlebihan dengan ukuran bra yang pas.

Penyumbatan ini terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening aksila yang terletak di daerah ketiak. Kelenjar inilah yang berfungsi melawan infeksi tubuh, zat-zat asing berbahaya, dan sel-sel kanker. Selain itu, tidur tanpa bra dapat menghindari gangguan fungsi organ vital tubuh yang berkaitan dengan kelenjar limfatik seperti hati.

Populer video

Berita lainnya