Sulit Tidur? Coba Terapkan Sleep Hygiene

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sulit Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jangan pernah menganggap sepele susah tidur. Sebab, bila kondisi ini dibiarkan terus menerus, bisa membuat tubuh menjadi tak berenergi, konsentrasi menurun, hingga masalah kesehatan yang lain. Guna mengatasinya, anda biosa mencoba menerapkan sleep hygiene.

Sleep hygiene merupakan praktik yang dilakukan untuk membangun kebiasaan tidur yang sehat. Pola tidur ini dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur. Umumnya, sleep hygiene dijadikan langkah awal yang disarankan kepada penderita gangguan tidur, seperti insomnia atau obstructive sleep apnea, sebelum penggunaan obat. Melansir laman alodokter, berikut cara untuk melakukan sleep hygiene.

Pastikan tidur dan bangun di waktu yang sama

Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, bahkan di hari libur sekalipun. Cara ini akan membantu membentuk ritme tidur yang konsisten. Di samping itu, pastikan anda mencukupi waktu tidur sekitar 7–8 jam setiap malamnya.

Buat rutinitas sebelum tidur

Membuat rutinitas sebelum tidur bisa membantumu lebih cepat tidur. Sisihkan 30–60 menit sebelum tidur untuk melakukan rutinitas ini. Pilihan rutinitas yang bisa dilakukan ada banyak. Anda bisa memanjakan diri dengan mandi air hangat, menyikat gigi, atau memakai skincare.

Selain itu, anda juga bisa melakukan aktivitas yang disukai seperti meditasi, mendengarkan musik, membaca buku, atau menulis buku harian.

Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Supaya dapat tidur lebih cepat, buatlah kamar tidur menjadi tempat ideal untuk tidur. Matikan lampu saat tidur atau batasi penerangan dan atur suhu kamar agar tetap sejuk. Gunakan penyumbat telinga jika lingkungan kamar terlalu berisik.

Selain itu, jauhkan ponsel dan laptop dari jangkauanmu dan matikan TV, komputer, atau perangkat elektronik lainnya sebelum tidur. Pancaran sinar dari perangkat elektronik dapat menghambat produksi hormon melatonin yang seharusnya membantu untuk tertidur.

Batasi waktu tidur siang

Tidur siang memang dapat menjadi cara untuk melunasi hutang tidur. Akan tetapi, jangan sampai tidur siang terlalu lama. Hal ini justru dapat membuat anda kesulitan untuk tidur di malam hari. Batasi waktu tidur siang maksimal hanya 30 menit dan lakukan sebelum sore hari.

Batasi konsumsi makanan dan minuman sebelum tidur

Sebelum tidur, hindari konsumsi makanan yang berat, pedas, atau dalam porsi besar. Berbaring setelah makan dapat menyebabkan tekanan di lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan. Hal ini bisa membuat tidak nyaman dan mudah terbangun di malam hari.

Hindari pula konsumsi kafein dan minuman beralkohol sebelum waktu tidur. Kedua minuman ini dapat membuat anda terjaga dan sulit untuk tidur.

Populer video

Berita lainnya