Tips Memilih Pusat Kebugaran yang Tepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pusat Kebugaran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyaknya pusat kebugaran yang bermunculan membuat beberapa orang kebingungan untuk menjatuhkan pilihannya. Padahal Anda perlu cermat memilih mengingat biaya yang dikeluarkan untuk menjadi member di sebuah pusat kebugaran tidaklah murah. Sebenarnya tidak ada pusat kebugaran yang benar-benar ideal bagi semua orang. Setiap orang memiliki preferensi masing-masing. Melansir laman halodoc, begini beberapa cara memilih pusat kebugaran agar tidak bingung menentukannya.

Tentukan Tujuannya

Memilih pusat kebugaran harus berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Apakah untuk membentuk badan atau untuk menjaga kebugaran tubuh. Dari situ, calon konsumen bisa mendapatkan gambaran tentang fasilitas yang dibutuhkan. Contohnya, kalau sekadar ingin latihan angkat beban, pusat kebugaran dengan fasilitas kolam renang tentu tidak diperlukan.

Kunjungi Tempatnya

Sebelum mengambil keputusan, sebaiknya cobalah mengunjungi beberapa pusat kebugaran yang masuk ke daftar pilihan. Dengan begitu Anda bisa melihat secara langsung peralatan, fasilitas, dan dapat bertanya langsung pada staf di sana. Nah, setelah itu cobalah pertimbangkan beberapa aspek berikut:

  • Lokasi: Perhatikan jarak pusat kebugaran dari rumah atau kantormu. Hal ini penting untuk menghemat waktu dan ongkos perjalanan.
  • Atmosfer: Silakan nilai pusat kebugaran berdasarkan kenyamanan kamu. Ketika masuk ke tempat tersebut, apa kesan pertamamu? Apakah Anda menyukai suasana di pusat kebugaran tersebut. Ada beberapa orang yang suka tempat yang bersih dan nyaman untuk berolahraga.
  • Fasilitas dan lingkungan: Pastikan pusat kebugaran tersebut memiliki peralatan yang lengkap yang bisa menunjangmu mencapai tujuan berolahraga. Selain itu, perhatikan pula kebersihan dan keamanannya. Coba tanyakan pula fasilitas tambahan yang disediakan.
  • Kelas: Biasanya beberapa fitness center menawarkan beberapa kelas bagi konsumennya. Teliti dan cermatilah program-program dan jumlah pesertanya. Hal ini penting karena Anda bisa merasa bosan bila pusat kebugaran tidak memiliki cukup banyak variasi dalam program latihan.
  • Staf: Cari tahu kualitas para staf dan pelatih kebugaran. Tanyakan apakah pelatih kebugaran di tempat tersebut memiliki sertifikat training. Pastikan juga para staf di sana ramah dan membantu.
  • Reputasi: Anda bisa bertanya pada teman atau kerabat mengenai reputasi pusat kebugaran tersebut. Nah, referensi seperti ini biasanya sangat membantu.
  • Biaya: Hal ini juga perlu dipertimbangkan secara saksama. Apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan pelayanan yang didapatkan? Yang terpenting, apakah sesuai dengan tujuanmu?
  • Jam operasional: Dengan segudang kesibukan yang ada, Anda mungkin tidak memiliki banyak waktu luang atau waktu yang fleksibel. Karena itu, penting untuk mengetahui apakah pusat kebugaran tersebut memiliki jam operasional yang panjang.

Coba Dulu

Setelah mempertimbangkan beberapa aspek di atas dan menentukan pilihan, sebaiknya jangan langsung mendaftar. Anda perlu mencobanya. Karena tak sedikit pusat kebugaran yang memberikan free trial untuk mencoba peralatan sebelum menjadi anggota.

Populer video

Berita lainnya