Google Doodle Peringati Ultah Ellya Khadam

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Google Doodle Ellya Khadam
Foto: GOOGLE

Celebrithink.com – Memperingati hari lahir seorang penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktor Ellya Khadam yang jatuh pada tanggal 23 Oktober ini, Google menampilkan ilustrasi sang seniman karya Fatchurofi Muhammad asal Semarang. Ya, Ellya Khadam memang dikenal sebagai seniman serba bisa. Bahkan ia disebut sebagai penulis lagu dangdut pertama.

Melansir laman Google, Khadam lahir di Jakarta tahun 1928. Ellya sempat bertetangga dengan penyanyi musik pop Malaysia. Kala itu, Ellya yang masih remaja mencoba mengembangkan bakat musiknya dengan meniru genre ini dengan harapan bisa menjadi jalan hidupnya.

Dalam perjalanan karirnya, Khadam dikenal sebagai penyanyi di Orkestra Melayu Kelana Ria. Sebuah kolektif musik yang mendapat banyak inspirasi dari budaya dan musik India di era tahun 1950-an. Karier Khadam mencapai puncaknya dengan merilis lagu mega hits Boneka India di tahun 1956. Kecintaannya pada India, tak tercermin dari ritme lagu-lagunya, tapi juga ia tunjukkan lewat busana yang ia pakai.

Sementara untuk urusan akting, sederet judul film pernah dibintangi Ellya Khadam. Tak dipungkiri, berkat kiprah Ellya pun hari ini bisa dirasakan betapa dangdut menampilkan budaya bangsa dalam skala global sebagai salah satu gaya musik paling populer di Indonesia. Selamat ulang tahun, Ellya Khadam.

Populer video

Berita lainnya