Temukan Passion-mu! Coba Lakukan Beberapa Tips Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menemukan Passion
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Passion diartikan sebagai gairah atau hasrat untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting. Dengan kata lain, passion adalah dorongan dari dalam diri, hasrat, dan antusias yang menimbulkan perasaan bahagia saat melakukan sesuatu.

Dengan memiliki passion, tujuan hidup akan terbentuk dan anda pun lebih semangat untuk mencapainya. Apalagi jika anda menjadikan passion sebagai sumber pendapatan. Anda akan lebih menikmati setiap prosesnya dan tidak mudah stres.

Hanya saja, tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui apa passion dalam hidupnya. Pasalnya, passion bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan dan sering kali tidak disadari oleh orang yang memilikinya. Dilansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menemukan passion anda.

Coba ingat hal yang membuatmu bahagia

Cari tahu hal atau kegiatan apa yang membuatmu bersemangat atau tidak sabar untuk melakukannya. Selain itu, saat anda melakukannya pun waktu terasa sangat cepat berlalu karena sangat menikmati aktivitas tersebut. Bila anda sudah menemukan jawabannya, bisa jadi inilah passion yang anda cari selama ini. Hal ini bisa berupa apa saja, mulai dari fotografi, merangkai bunga, menulis, memasak, atau berkebun.

Mencari tahu kelebihan atau bakat dalam diri

Coba tanyakan kepada diri sendiri, apa keahlian atau bakat yang anda miliki dan senang saat melakukannya. Anda bisa mencari tahu dengan cara mempraktikkan keahlian yang dimiliki tersebut.

Bila anda suka melakukannya, tetapi menurutmu hasilnya tidak begitu bagus, coba cari pendapat atau penilaian orang lain. Bila ternyata anad mendapat pujian dari hasil karyamu, bisa jadi itulah passion yang dimiliki, hanya saja anda tidak menyadarinya. Hal penting yang perlu diingat bahwa passion bukan berarti anda harus mahir atau menghasilkan uang dari kegiatan tersebut, melainkan sesuatu yang dapat anda nikmati dan antusias saat melakukannya.

Mengingat hal yang membuat anda kesal atau iri

Mungkin anda merasa kesal ketika melihat teman bersedia resign dari pekerjaan yang memberikannya penghasilan tetap hanya untuk berkarir di bidang yang ia sukai. Misalnya, seseorang yang berhenti dari pekerjaannya sebagai bankir dan memutuskan untuk menjadi fotografer.

Perasaan tersebut bisa menjadi pertanda bahwa anda memiliki passion terpendam yang sedang menunggu untuk ditemukan. Namun, kanda tidak perlu merasa iri. Coba cari dalam diri sendiri apa saja yang bisa dilakukan agar bisa merasakan hal yang sama dengan temanmu. Seiring berjalannya waktu, anda akan bisa menemukan passion tersebut.

Mengingat hal yang paling disukai sewaktu kecil

Saat kecil, anda mungkin mengetahui secara persis hal apa yang membuat anda merasa bahagia. Namun, setelah tumbuh dewasa, sering kali realita, prinsip, dan tuntutan hidup mengubur keinginan tersebut. Ada kalanya kita hanya perlu mendengarkan suara hati dan tidak perlu menanggapi komentar atau penilaian orang lain.

Ketika anda sudah menemukan passion dalam hidup, bukan berarti anda bisa merasa senang atau lega. Hal ini karena passion pada dasarnya bisa saja berubah, seiring perjalanan dan pengalaman hidup yang anda lalui.

Populer video

Berita lainnya