Kapan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cuci Tangan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Cuci tangan menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Apalagi di masa pandemi COVID-19 sekarang ini. Cuci tangan menjadi aktifitas yang harus rutin dilakukan setiap saat, di samping penggunaan masker, guna menjaga diri dari terpaparnya virus corona.

Berdasarkan riset medis, cuci tangan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan catatan, cuci tangan dilakukan di waktu yang tepat. Dilansir dari laman klikdokter, ada beberapa waktu cuci tangan yang tak boleh terlewat. Berikut ulasannya.

Sebelum dan Sesudah Makan

Sudah menjadi rutinitas umum, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan menjadi hal penting yang tidak boleh ditinggalkan. Sebab, tangan adalah media perpindahan kuman. Bila tidak dibersihkan, dapat menyebabkan penyakit bagi diri sendiri dan orang lain.

Setelah dari Toilet

Toilet jelas mengandung jumlah kuman yang sangat banyak. Oleh karena itu, anda diwajibkan mencuci tangan dengan sabun setelah dari toilet. Dengan demikian, risiko kuman atau bakteri berbahaya untuk menginfeksi semakin kecil.

Setelah Bersin dan Batuk

Saat bersin atau batuk, tangan biasanya digunakan untuk menutup mulut dan hidung guna menghindari penyebaran infeksi. Jika setelahnya anda tidak mencuci tangan, risiko penyakit untuk menular ke orang lain akan semakin besar.

Setelah Pakai Gadget atau Benda Elektronik

Benda-benda seperti telepon genggam, keyboard komputer, dan remote TV sering berpindah tangan atau digunakan secara bergantian. Alat-alat tersebut bisa jadi tempat bagi kuman dan bakteri untuk bersarang serta berkembang biak. Agar anda tidak terserang penyakit infeksi gara-gara benda tersebut, jangan lupa cuci tangan setelah menggunakannya.

Sebelum dan Sesudah Merawat Orang Sakit

Saat merawat orang sakit, risiko terpapar kumanakan semakin besar bila tidak membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan orang sakit.

Setelah Ganti Popok Anak

Kotoran anak, meskipun masih bayi, juga sama dapat mengandung kuman penyakit. Biasakan selalu mencuci tangan setelah membersihkan kotoran anak.

Untuk mencuci tangan, lebih baik pakai sabun dan air yang mengalir. Pertama, gosok telapak tangan dengan saling menempelkan telapak tangan. Kedua, gosok punggung kedua tangan. Ketiga, bersihkan sela-sela jari, caranya silangkan jari tangan kanan dengan kiri. Keempat, bersihkan bagian dalam dan punggung jari, posisi ujung jari saling mengunci.

Kelima, gosok ibu jari. Bersihkan kedua ibu jari secara memutar. Terakhir, bersihkan ujung jari dan kuku. Caranya, kuncupkan ujung-ujung jari, jadi saling bertemu. Lalu, gosokkan ke telapak tangan yang berlawanan. Lakukan untuk masing-masing tangan.

Populer video

Berita lainnya