Agar Mata tidak Kering saat Memakai Softlens, Simak Tips Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Memakai Softlens yang Aman
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mata kering merupakan keluhan umum bagi pengguna softlens alias lensa kontak. Apalagi jika anda tidak merawat softlens dengan baik. Itu sebabnya menggunakan softlens harus dibarengi dengan pemakaian tetes mata secara rutin guna menghindari iritasi pada mata.

Bagi para pengguna softlens tak perlu khawatir. Dilansir dari laman helloSEHAT, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar mata tidak kering akibat softlens. Berikut ulasannya:

Cermat memilih bahan softlens

Menurut American Academy of Ophthalmology, softlens dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni softlens keras dan lunak. Jika softlens yang digunakan selalu menimbulkan rasa tidak nyaman, masalahnya bisa jadi berasal dari bahan softlens tersebut.

Softlens dengan bahan yang keras biasanya dibuat khusus untuk orang yang memiliki bentuk kornea tidak rata. Softlens ini biasanya lebih mudah kering, sehingga anda harus rutin membasahinya dengan cairan softlens dan memakai obat tetes mata. Sementara softlens dengan bahan lunak lebih diperuntukkan bagi mereka yang memiliki mata kering.

Memerhatikan diameter dan kandungan air softlens

Diameter softlens sangat bervariasi, mulai dari 9, 15, hingga 22 milimeter. Kandungan air pada softlens berkisar antara 38-70 persen. Saat membeli softlens, perhatikan diameter dan kandungan airnya agar mata terasa nyaman.

Softlens berukuran besar akan menghalangi oksigen yang masuk sehingga mata lebih mudah terasa kering. Sementara softlens dengan kandungan air yang tinggi juga cepat kehilangan air sehingga tidak cocok untuk Anda yang bermata kering.

Mengganti cairan softlens

Ada kalanya masalah mata bukan berasal dari lensa kontak, tetapi pada cairan pembersihnya. Beberapa jenis cairan lensa kontak mengandung bahan penyebab mata merah dan iritasi, sehingga anda harus rutin memakai obat tetes mata.

Ada pula jenis cairan softlens yang tidak cocok dengan softlens yang ada gunakan. Apabila digunakan terus-menerus, softlens bisa saja mengalami kerusakan dan berimbas pada kesehatan mata.

Meski sekilas tampak mirip, cairan lensa kontak mempunyai bahan dan fungsi yang berbeda dengan obat tetes mata. Bahan tersebut bisa memicu efek samping lain yang lebih buruk. Jadi, pastikan hanya memakai obat tetes untuk mata dan bukan cairan softlens demi kesehatan mata.

Populer video

Berita lainnya