Begini Cara Cepat dan Tepat Meredam Emosi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Cepat Meredam Emosi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rasa kesal hingga marah bisa terjadi kapan saja. Penyebabnya pun beraneka ragam. Salah satunya terjebak dalam kemacetan, sementara anda sedang terburu-buru mengejar waktu untuk sampai ke sebuah tujuan.

Saat emosi memuncak, tekanan darah biasanya akan meningkat karena jantung memompa lebih cepat dan tak beraturan. Tak jarang anda akan merasakan sakit kepala, nyeri di dada, hingga sesak napas.

Apapun penyebab munculnya marah, yang perlu anda lakukan adalah memendam emosi secepat mungkin agar kemarahan ini tidak merembet kemana-mana. Terlebih jika sampai memperburuk kondisi kesehatan. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini cara cepat meredam emosi.

Tarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam merupakan salah satu cara ampuh untuk meredakan emosi. Menurut Robert Nicholson, asisten dosen di Saint Louis University Amerika Serikat, saat marah tubuh menjadi tegang. Untuk merilekskannya kembali, anda perlu menarik napas dalam-dalam. Dengan memasok oksigen lebih banyak ke dalam tubuh membantu melepaskan ketegangan.

Jalan-jalan sejenak

Saat emosi memuncak, cobalah untuk bangkit dari duduk anda dan berjalan-jalan sejenak menjauhi sumber kemarahan. Ya, olahraga memang bisa menjadi penghilang stres dan emosi yang cukup ampuh. Sementara berjalan kaki termasuk olahraga ringan yang bisa menjadi pilihan untuk memancing tubuh melepaskan hormon endorfin atau yang disebut dengan hormon bahagia.

Dengan berjalan-jalan sejenak, anda pun bisa berpikir lebih jernih. Cara ini juga membantu anda menemukan pandangan yang mungkin bisa menjadi solusi masalah yang sedang dihadapi.

Tekan titik tertentu di tubuh

Menurut Daniel Hsu, seorang ahli akupunktur dan pengobatan tradisional di New York, menekan titik tertentu di tubuh bisa merilekskan sistem saraf. Pasalnya, saat marah dan stres, saraf akan menegang. Untuk mengembalikannya pada kondisi normal, anda perlu menekan titik-titik utama di kepala, wajah, dan tangan yang dekat dengan kumpulan saraf.

Cobalah tekan bagian dalam telapak tangan yang terletak di antara ibu jari dan telunjuk. Tekan secara perlahan dengan ibu jari dan rasakan sentuhannya. Diamkan selama kurang lebih 10 detik dan ulangi cara ini pada bagian tangan lainnya.

Rilekskan otot-otot yang tegang

Untuk meredam emosi, anda juga bisa merilekskan semua kelompok otot yang tegang. Cara yang satu ini sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Bahkan latihan ini bisa melepaskan hampir semua ketegangan di tubuh dalam hitungan detik. Dengan begitu, anda akan jauh lebih tenang dan mampu menghadapi situasi dengan kepala dingin.

Cobalah regangkan semua otot di tubuh dari mulai kepala hingga kaki. Misalnya, gerakkan bahu ke belakang perlahan, putar leher searah atau berlawanan jarum jam. Selain itu, putar tubuh ke kanan dan ke kiri untuk merilekskan otot pinggul dan punggung anda.

Dengar musik favorit yang menenangkan

Ritme internal tubuh ternyata mengikuti irama musik yang sedang anda dengar. Saat sedang marah, cobalah untuk mendengarkan musik dengan irama yang menenangkan agar tubuh secara tidak langsung mengikuti ritmenya. Dengan begitu, napas dan detak jantung akan melambat kembali ke kondisi normal, bahkan lebih rileks dari sebelumnya.

Populer video

Berita lainnya