Ini Penyebab Kaki Kesemutan yang Mungkin Jarang Anda Sadari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Kaki Kesemutan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang tentu pernah merasakan kaki kesemutan. Biasanya kondisi itu dipicu lantaran anda duduk atau berderiri dalam posisi yang sama selama berjam-jam. Walhasil, anda akan merasa tidak nyaman karena rasa kebas bahkan sensasi geli,

Ternyata bukan hanya karena diam dalam posisi yang lama saja penyebab kesemutan. Mungkin saja kaki kebas dan kesemutan pertanda suatu masalah kesehatan. Dilansir dari laman helloSEHAT, bisa jadi ini penyebab kaki kesemutan yang anda alami.

Saraf terjepit

Biasanya orang yang merasakan kesemutan pada kaki disebabkan oleh saraf yang terjepit. Hal tersebut kemungkinan besar berasal dari cedera atau pembengkakan yang terkadang kita tidak tahu penyebabnya. Selain itu, kurang bergerak juga dapat menyebabkan saraf terjepit.

Racun sebagai penyebab kaki kesemutan

Tanpa disadari ada banyak racun yang masuk ke tubuh, entah karena terserap melalui kulit atau dari makanan yang tercemar. Racun yang menyerap melalui kulit, seperti arsenik, merkuri, atau bahkan zat-zat yang berasal dari lem. Nah, racun ini yang kemudian bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh terasa kebas dan kesemutan, termasuk pada kaki.

Konsumsi alkohol

Orang yang terlalu banyak mengonsumsi alkohol biasanya akan merasakan kaki kesemutan. Kadar alkohol yang berlebihan di dalam tubuh akan memengaruhi jaringan saraf hingga memicu rasa geli dan sakit. Rasa itulah yang kita sebut sebagai kesemutan.

Cedera pada sendi

Cedera pada sendi atau yang biasa disebut repetitive strain injuries (RSI) terjadi akibat dari melakukan aktivitas fisik berulang-ulang tanpa istirahat. Kondisi ini membuat otot-otot tegang dan sakit. Selain itu, terlalu lama berada di depan komputer juga dapat memicu cedera pada sendi yang dapat menyebabkan kaki kesemutan.

Efek samping obat

Beberapa pengobatan tertentu sering kali menyebabkan efek samping yang tidak mengenakkan. Salah satunya rasa geli-geli sakit pada kaki akibat konsumsi obat, seperti obat untuk kanker, kejang, atau tekanan darah tinggi.

Usia lanjut

Usia bisa jadi salah satu penyebab dari kaki kesemutan. Biasanya orang yang berusia sekitar 60 tahun ke atas, akan lebih sering mengalami hal ini. Mereka yang sudah lanjut usia seringkali mengalami gejala kesemutan, kebas, sulit berdiri dan berjalan karena rasa kesemutan tersebut.

Kurang vitamin

Kekurangan vitamin B1, B6, B12, atau niasin bisa menyebabkan rasa kebas dan kesemutan pada kaki. Hal tersebut dikarenakan vitamin-vitamin tersebut sangat penting untuk fungsi saraf pada tubuh. Mulailah memakan makanan yang sehat atau jika tidak ada waktu bisa mulai mengonsumsi suplemen vitamin yang dapat dibeli tanpa resep dokter.

Populer video

Berita lainnya