Cara Jitu Usir Kesedihan dan Galau di Hati

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Jitu Usir Kesedihan dan Galau
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang tentu pernah merasakan sedih. Secara umum, kesedihan muncul ketika ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, sesuai rencana, atau sesuai keinginan. Walhasil, anda merasa tidak berdaya dan putus asa.

Konflik, kegagalan, kematian, dan kehilangan adalah beberapa hal yang paling sering menimbulkan kesedihan. Bahkan, melihat, menyaksikan, atau mendengar orang lain yang sedang sedih pun dapat membuat anda merasakan emosi yang sama.

Merasa sedih itu wajar, tapi tidak baik jika dibiarkan sampai berlarut-larut. Dilansir dari laman helloSehat, berikut ini beberapa cara untuk mengusir kesedihan agar tidak sampai berlarut-larut.

Dekatkan diri pada Tuhan

Jika anda termasuk orang yang religius, anda bisa melakukan kegiatan spiritual seperti berdoa atau pergi ke tempat ibadah untuk menenangkan diri. Mendekatkan diri dengan Tuhan menjadi cara efektif untuk menenangkan hati anda yang sedang galau. Ingat! Tuhan sangat mencintai anda lebih daripada segala hal yang ada di bumi ini.

Akui anda sedang bersedih

Kebanyakan dari kita sering berpura-pura tegar agar tidak terlihat cengeng di depan orang lain. Padahal, penyangkalan justru akan merugikan kesehatan fisik dan mental anda. Bayangkan semua kesedihan yang dipendam, lama-lama akan menumpuk menjadi satu seperti “bom waktu” yang bisa kapan saja meledak. Tak hanya menghancurkan diri sendiri, tapi pada akhirnya juga menghancurkan orang lain di sekitar anda.

Karenanya akuilah kalau anda memang sedang bersedih. Perlu diingat, kesedihan adalah reaksi normal setiap manusia. Jadi, tidak ada yang salah jika anda merasakan emosi ini. Bila perlu luapkan kesedihan dengan menangis, yang mungkin bisa membantu anda merasa lebih lega.

Renungkan penyebab anda bersedih

Renungkan kesedihan yang anda rasakan. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang membuat anda merasa sedih? Apa emosi tersebut muncul terkait kehilangan atau peristiwa yang yang tidak bahagia? Merenungkan dan memahami emosi yang dirasakan dapat membantu anda melawan rasa kesedihan. Tapi jangan malah menghakimi diri sendiri.

Beri waktu

Penelitian menunjukkan, kebanyakan orang dapat pulih dari kesedihan seiring berjalannya waktu. Lamanya waktu yang dibutuhkan berbeda-beda pada setiap orang. Mungkin anda memerlukan waktu sehari, seminggu, atau berbulan-bulan untuk bisa menerima kehilangan, kegagalan, rasa putus asa, dan lain sebagainya.

Curhat ke orang yang dipercaya

Jangan biarkan snda terus-terusan terperangkap dalam kesedihan. Tak ada salahnya menceritakan apa yang anda rasakan ke orang yang anda percaya. Selain untuk mengurangi beban di hati, boleh jadi anda justru mendapat pencerahan atas masalah tersebut. Anda bisa berkeluh kesah kehidupan dengan orangtua, pasangan, atau sahabat terdekat.

Hindari hal-hal yang memicu kesedihan

Sebaiknya menghindari segala sesuatu yang berpotensi membuat anda sedih. Misalnya tempat yang akan mengembalikan memori anda pada seseorang yang telah pergi. Sebab, apabila anda terus dihantui dengan berbagai hal yang memancing kesedihan, anda tidak akan pernah merasa lega. So, alihkan perhatian dan pikiran anda pada hal lain. Sibukkan diri, sehingga anda tidak memiliki kesempatan untuk memikirkan hal-hal yang membuat Anda bersedih.

Coba kegiatan baru

Sedih boleh, tapi jangan sampai anda mengasingkan diri dari kehidupan. Cobalah menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang disukai atau yang belum pernah anda lakukan. Gunakan kesempatan ini untuk mencoba sesuatu yang baru yang bisa membuat anda melupakan rasa sedih. Contohnya, berliburan ke tempat wisata yang belum pernah anda kunjungi.

Menulis jurnal

Saat kesedihan melanda, anda dapat mencurahkan semua isi hati lewat sebuah tulisan. Anda bisa membuat jurnal atau catatan mengenai hal positif apa saja yang berhasil anda lakukan dan terima setiap hari.

Bagi beberapa orang, menulis bisa menjadi terapi untuk mengolah emosi. Anda juga bisa membaca kembali tulisan anda untuk memahami lebih baik tentang kesedihan yang anda rasakan.

Banyak bersyukur

Suatu hari nanti akan ada masanya anda mengingat masa lalu. Bukan untuk meratapinya, tapi untuk memahami bahwa semua yang anda alami merupakan bagian dari perjalanan hidup. Bersyukurlah bahwa anda pernah berada di masa sesedih hari lalu. Dengan begitu, anda jadi tahu artinya sebuah rasa syukur.

Populer video

Berita lainnya