Cara Mengatasi Bisul secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Atasi Bisul secara Alami
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bisul merupakan benjolan berwaran merah pada kulit, yang berisi nanah dan terasa nyeri. Bisul dapat muncul di wajah, bahu, ketiak bahkan pantat. Umumnya bisul disebabkan infeksi bakteri Staphylococcus aureus, yang kemudian memicu peradangan pada folikel rambut.

Nah, bisul yang berjumlah hanya satu, berukuran kecil, dan tidak disertai penyakit lain umumnya bisa diatasi dengan cara sederhana. Dilansir dari laman alodokter, berikut ini cara mengatasi bisul yang bisa anda lakukan di rumah.

Kompres dengan air hangat

mengompres dengan air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, dam bisa membawa sel darah putih lebih banyak ke daerah yang dikompres untuk melawan infeksi. Selain itu, mengompres bisul dengan air hangat bisa mengurangi rasa sakit dan membantu nanah naik ke permukaan bisul. Dengan begitu, bisul bisa sembuh dengan lebih cepat.

Anda bisa mengompres bisul dengan air hangat selama 20 menit sebanyak 3–4 kali sehari. Lakukan hal ini setiap hari hingga bisul hilang.

Mengoleskan tea tree oil

Minyak tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang mampu melawan infeksi bakteri penyebab bisul. Namun, anda tidak disarankan untuk mengoleskan tea tree oil langsung ke kulit karena dapat menyebabkan efek panas dan terbakar pada kulit.

Caranya, anda bisa mencampur 5 tetes tea tree oil dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, gunakan kapas untuk mengoleskan tea tree oil pada bisul. Lakukan ini sebanyak 2–3 kali sehari hingga bisul benar-benar sembuh.

Kunyit

Selain menjadi bumbu masakan, anda bisa menggunakan kunyit yang dihaluskan hingga menjadi bubuk untuk mengatasi bisul. Sebab, kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang kuat. Menggunakan bubuk kunyit untuk mengatasi bisul bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni diminum atau dioleskan langsung pada bisul.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mencampur 1 sendok teh kunyit ke dalam air mineral atau susu, lalu ramuan ini diminum sebanyak 3 kali sehari. Bila ingin mengoleskannya ke kulit, anda bisa mencampur kunyit dengan air sampai menjadi pasta. Lalu oleskan campuran tersebut pada bisul sebanyak 2 kali sehari.

Mengompres dengan garam Epsom

Menggunakan garam Epsom juga bisa mempercepat penyembuhan bisul. Pasalnya garam ini dapat membantu mengeringkan nanah pada bisul, sehingga bisul bisa mengempis lebih cepat. Anda bisa melarutkan garam Epsom ke dalam air hangat. Kemudian, kompres bisul dengan larutan tersebut selama 20 menit, sebanyak 3 kali sehari.

Minyak jarak

Mengoleskan minyak jarak bisa menjadi sebagai salah satu cara untuk mengatasi bisul. Sebab minyak jarak mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri yang disebut asam risinoleat. Anda bisa langsung mengoleskan minyak jarak pada bisul sebanyak 3 kali sehari. Lakukan hal ini hingga bisul benar-benar sembuh.

Populer video

Berita lainnya