7 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berbuka puasalah dengan yang manis. Ya, salah satu penganan yang seringkali dipilih adalah kurma. Selain menjadi sumber energi, kurma kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu kurma juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, serat hingga antioksidan, yang dapat menangkal sejumlah penyakit.

Setidaknya ada sejumlah khasiat yang dimiliki kurma. Dilansir dari laman Klikdokter, berikut ini 7 manfaat kurma untuk kesehatan anda.

Mencukupi kebutuhan gizi dan kalori

Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara. Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat dan sisanya datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat kurma lainnya adalah melancarkan pencernaan. Dengan serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg), Anda bisa memasukkan kurma ke dalam menu diet. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

Mencegah penyakit kronis

Manfaat mengonsumsi kurma setiap hari adalah dapat terhindari dari berbagai macam penyakit kronis, seperti jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer. Ini semua berkat tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh kurma.

Menstabilkan gula darah

Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Bonusnya lagi, tak cuma memaniskan, kurma pun kaya akan nutrisi, serat, dan antioksidan. Meski masih butuh penelitian lebih dalam, kurma dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang dan membantu mengatur gula darah.

Mengganti elektrolit tubuh yang hilang

Bukan cuma air kelapa, kurma juga berkhasiat membantu elektrolit yang hilang. Dengan kadar potasium yang tinggi, salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot.

Melindungi tubuh dari peradangan

Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, kita butuh asupan antioksidan yang cukup, salah satunya polifenol. Nah, buah kurma kaya akan polifenol ketimbang buah lain.

Mencegah anemia

Manfaat selanjutnya, membuat anda tidak mudah lelah dan pucat karena anemia. Dengan makan kurma setiap hari, kandungan zat besinya akan meningkatkan produksi sel darah merah.

Populer video

Berita lainnya