Optimasi Kerja Otak dengan Metode BEFAST

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
ilustrasi by Copilot/brainstoarming

Optimasi adalah mengoptimalkan segala sesuatu dengan mekanisme yang ada di dalamnya untuk mencapai hasil yang baik. Biasanya optimasi dilakukan pada objek fisik atau digital. Namun kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan sistem otak, bagaimana otak kita dapat bekerja secara proporsional dan terstruktur.

Nah, artikel kali ini adalah sebuah metode berpikir untuk belajar dengan cepat. BEFAST, sebuah metode imajiner untuk memvisualisasikan sistem otak kita. Oke, mari simak pembahasan berikut ini ya

Apa itu BEFAST?

Dikutip dari Presentasi di TEDx Talks, berikut enam kunci belajar cepat dari kata BEFAST:

  1. Percaya

Percaya. Ya, percayalah pada diri Anda sendiri. Sugesti akan masuk ke alam bawah sadar Anda dan membuat Anda termotivasi. Percayalah pada prosesnya dan percayalah bahwa Anda bisa.

  1. Latihan

Latihan. Ini berarti fisik. Buatlah tubuh Anda bergerak, entah itu untuk berolahraga, refleksi, atau aktivitas apapun, intinya buatlah tubuh Anda bergerak, jangan diam saja.

Gerakan yang dimulai akan memunculkan stimulus bagi otak untuk memperlancar peredaran darah, sehingga kinerja otak Anda akan bersih dan lancar.

  1. Lupakan

Lupakan. Ibarat gelas kosong di mana-mana. Lupakan hal lain selain yang Anda pelajari saat itu juga. Untuk sementara.

  1. Aktif.

Aktif. Ya, aktiflah dalam apa yang Anda pelajari. Seperti berpikir kritis, mencatat, dan mengajukan pertanyaan. Tanyakan apa saja yang perlu Anda ketahui. Apa, mengapa, bagaimana, apa saja, dan jangan berlebihan, lalu pahami. Tidak perlu terburu-buru, karena akan ada waktu untuk mendalami.

  1. Keadaan

Suasana belajar juga merupakan faktor pendukung. Baik itu tempat, suasana hati, maupun emosi. Keduanya harus dalam kondisi yang baik untuk memfasilitasi pembelajaran Anda.

  1. Mengajar

Mengajar. Ya, memberikan atau berbagi pengetahuan kepada orang lain. tidak harus menjadi guru, atau memiliki atribut untuk mengajar. Karena ketika mengajar orang lain atau memberikan pengetahuan, yang terjadi adalah pada saat itu juga Anda belajar dua kali lebih cepat.

Otak manusia bekerja sepanjang waktu, sepanjang hari, terus bergerak seperti mesin. Rangkaian otak kita terdiri dari saraf, sel, listrik, dan zat-zat lain yang berfungsi dalam anatomi manusia.

Nama-nama Bagian Otak dan Kondisinya

Kinerja otak bekerja dengan kapasitasnya masing-masing. Fungsional otak juga dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian untuk menyimpan, mengatur, menyaring, mendefinisikan, menyeimbangkan, mencerna, dan lain sebagainya.

Jika tidak dikelola dengan baik, maka akan rusak. Jika digunakan untuk sesuatu yang tidak baik maka akan rusak. Jika tidak disaring, maka akan rusak. Jika tidak digunakan, akan semakin berkurang.

Nah, berikut ini adalah beberapa nama bagian atau keadaan otak kita sepanjang hari:

  1. Neurogenesis > Pertumbuhan baru dan sel-sel otak baru
  2. Neuroplastisitas > Cenderung memiliki lebih banyak koneksi
  3. Delta > Keadaan saat Anda tidur
  4. Beta > Kondisi saat Anda paling terjaga
  5. Theta > Kondisi rileks untuk kreativitas
  6. Alpha > Meditasi. Jika Beta dan Theta digabungkan, maka akan menjadi Alpha, keadaan ini sangat baik untuk belajar


Nah jadi demikian artikel tentang metode BEFAST, semoga dapat membantu meningkatkan potensi diri kamu ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Populer video

Berita lainnya