Ini Makanan dan Minuman Sehat Anti Insomnia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Main HP Sebelum Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mendapatkan tidur berkualitas menjadi masalah yang seringkali dialami saat ini. Apalagi di tengah perkembangan teknologi, dimana orang lebih sering terganggu tidurnya karena asyik menggunakan gadget hingga larut malam. Padahal, mendapat tidur berkualitas merupakan hal penting bagi kesehatan tubuh.

Di samping itu. kurangnya waktu tidur juga bisa dipicu karena tekanan pekerjaan. Bahayanya, kurang tidur bisa membuat stres dan kesulitan fokus pada pekerjaan. Sebebanarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tidur, di antaranya adalah makanan. Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Almond

Almond mengandung magnesium yang membantu mengatasi insomnia. Hal tersebut karena kacang almond merupakan sumber hormon melatonin, yang membantuk mengatur jam internal tubuh dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur. Kacang almond juga kaya protein yang membantu mengatur kadar gula darah saat Anda tidur.

Kenari

Kacang kenari penuh dengan melatonin dan memakannya secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Mengonsumsi kenari sebelum tidur bisa membuatmu tertidur dengan mudah.

Kiwi

Sebuah studi mengatakan bahwa kiwi memiliki kandungan serotin, zat kimia di otak yang mampu mengatur siklus tidur. Antioksidan anti-inflamasi dalam buah kiwi, seperti vitamin C dan karotenoid, juga memiliki efek meningkatkan kualitas tidur.

Teh Chamomile

Jumlah antioksidan yang tinggi dan nol kalori dalam teh hijau menjadikannya salah satu minuman terbaik sebelum tidur. Ini mengandung glisin, bahan kimia yang dikenal yang bertindak sebagai obat penenang serta meningkatkan relaksasi.Minum secangkir teh kamomil dapat meredakan stres dan membantu tertidur lebih cepat.

Susu hangat

Susu mengandung asam amino triptofan, yang membantu produksi serotonin di otak dan membantu mendapatkan lebih banyak istirahat. Kalsium yang ditemukan dalam susu berhasil mengurangi stres dan menstabilkan serabut saraf di otak.

Selain itu, susu adalah cara terbaik untuk mendapatkan kalsium, yang membantu mengatur produksi melatonin. Susu hanyat juta memiliki efek menenangkan sehingga membuatmu mudah mengantuk.

Oatmeal

Biji-bijian yang ada dalam oatmeal dapat memicu produksi insulin. Selain itu, oatmeal juga meningkatkan kadar gula darah dan membuatmu merasa mengantuk. Oat juga kaya akan melatonin.

Madu

Madu kaya akan glukosa yang ‘menutup’ zat kimia yang ada di otak, dikenal sebagai orexin, yang mengaktifkan perhatian. Satu sendok makan madu cukup untuk membuatmu tidur nyenyak.

Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung serotonin yang dapat membantu merilekskan tubuh dan membuat tidur yang nyenyak. Mengonsumsi sepotong cokelat hitam sebelum tidur bisa membuat tidurmu makin nyenyak.

Populer video

Berita lainnya