5 Hal yang Harus Dihindari saat Sembelit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kita tentunya pernah mengalami sulit buang air besar, dimana perut terasa kembung dan membuat keadaan menjadi serba salah. Mulai dari dehidrasi, rendahnya asupan serat, mengonsumsi produk susu secara belebihan hingga stres, bisa menyebabkan sembelit. Maka dari itu, dilansir dari laman Times of India, setidaknya ada 5 hal yang harus anda hindari ketika menderita sembelit.

Makan makanan junk food

Pada umumnya makanan olahan atau junk food tidak baik untuk kesehatan. Jadi ketika sedang mengalami sembelit, anda harus menjauhinya. Makanan olahan atau junk food tinggi lemak yang dapat memperlambat pencernaan. Bahkan mereka sarat akan fruktan, karbohidrat yang sulit untuk diurai yang dapat merusak proses pencernaan alami kita.

Rebahan di sofa

Saat anda merasa kekenyangan, berbaring di sofa memang sangatlah nyaman. Tapi percayalah, ini tidak akan banyak membantu anda. Ketidakaktifan fisik dapat memperlambat pergerakan makanan di saluran pencernaan. Melakukan aktivitas fisik sekecil apapun dapat membantu anda buang air besar dengan mudah. Naik turun tangga atau lakukan yoga. Keduanya dapat membantu memijat otot perut dan mengeluarkan feses dengan mudah.

Mengonsumsi produk olahan susu

Produk susu bisa membuat anda merasa kembung dan sembelit. Hal itu disebabkan karena kekurangan enzim laktase di usus, yang dibutuhkan untuk memecah laktosa dalam produk susu menjadi gula yang dapat dengan mudah diserap oleh usus kecil. Semua jenis produk susu termasuk yoghurt, susu dan es krim dapat membuat anda sulit buang air besar.

Mengonsumsi pereda nyeri

Beberapa obat, termasuk obat pereda nyeri yang dijual bebas juga dapat menyebabkan anda menjadi tidak nyaman. Pasalnya mereka dapat memperlambat kontraksi sistem GI, sehingga buang air besar menjadi sulit. Jika anda sedang mengonsumsi obat apa pun dan sering merasa sembelit, konsultasikan masalah anda dengan dokter.

Asupan alkohol atau kafein

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sembelit, dan minum alkohol dapat memperburuk kondisi anda. Alkohol adalah diuretik yang dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan dari darah melalui sistem ginjal anda. Ini bisa membuat anda dehidrasi jika tidak minum banyak air putih setelah minum alkohol. Begitu juga dengan kopi yang memiliki efek serupa. Jadi, jika Anda ingin buang air besar dengan mudah, jauhi ini.