Berhenti Merasa Bersalah, Cobalah 9 Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ketika menghadapi sebuah masalah, terkadang kita sering menyalahkan diri sendiri. Meskipun sebenarnya, perasaan bersalah tak membantu situasi menjadi baik. Perlu diketahui, menyalahkan diri dapat berdampak besar bagi kesehatan mental dan fisik anda.

Jadi, jangan menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang terjadi. Tetapi terimalah bahwa hal-hal buruk bisa saja terjadi, walaupin anda sudah berusaha dengan keras. Cobalah pilihan ini ketika anda mengalami hari terburuk, seperti dilansir dari laman The Healthy.

Cari tahu akar kesalahan Anda

Lakukan penelusuran dan cari tahu mengapa anda merasa bersalah. Menurut Jameela Jackson, konsultan dan terapis menuturkan, anda harus lebih sering meluangkan waktu untuk anak-anak seperti mengantar ke sekolah. Tanyakan pada diri sendiri, kenapa anda tidak melakukannya? Apakah orang tua lain memberi komentar yang membuat anda merasa tidak punya andil untuk keluarga? Anda tahu apa yang terbaik untuk keluarga. Jadi mengungkap kesalahan akan membantu anda menemukan cara yang efektif untuk mengatasi masalah apa pun.

Prioritaskan diri sendiri

Menjaga diri sendiri bukanlah hal yang egois — itu wajar. Kadang-kadang kita merasa bersalah karena memikirkan diri sendiri. Justru dengan begitu anda bisa membantu orang lain. Sebagaimana analogi masker oksigen, anda tidak dapat membantu orang lain jika anda tidak bisa bernapas dulu.

Buatlah daftar kesalahan

Setelah perasaan bersalah mulai hinggap, tuliskan daftar kesalahan yang pernah anda lakukan. Catat waktu, hari, dan mengapa anda merasa tidak enak, Kemudian baca kembali setiap beberapa minggu. Carilah tren yang mungkin membantu menjelaskan alasan yang mendasari rasa bersalah anda.

Perbaiki kesalahanmu

Terkadang kita menghabiskan lebih banyak energi untuk menyalahkan diri sendiri ketimbang memperbaikinya. Daripada membuang-buang waktu terus menerus merasa bersalah, terimalah kesalahan anda dan lakukan yang terbaik untuk memperbaikinya.

Maafkan dirimu

Setelah anda melakukan semua yang menjadikan situasi lebih kondusif, inilah waktunya untuk memaafkan diri sendiri. Mulailah dengan menebus kesalahan jika anda menyakiti seseorang. Bisa dengan mengiriminya surat, minta maaf secara langsung, atau berkomitmen untuk berubah. Setelah anda telah membuat langkah positif, akan lebih mudah bagi anda untuk memaafkan diri sendiri.

Lihat ke depan, bukan ke belakang

Merenungkan hal-hal yang tidak dapat anda ubah tidak akan menyelesaikan apa pun. Itu hanya akan membiarkan anda termakan perasaan. Daripada bertanya, “Bagaimana jika?” tanyakan pada diri anda, “Sekarang apa?” Belajar dari kesalahan masa lalu anda, dan gunakan pengalaman itu untuk membuat perubahan positif pada hidup anda dan orang di sekitar.

Ketahuilah ada hal-hal di luar kendali anda

Anda tidak dimaksudkan untuk menanggung masalah dunia. Lakukan yang terbaik dan jadilah diri sendiri. Sadari bahwa bukanlah tanggung jawab anda untuk memperbaiki setiap masalah dalam masyarakat.

Jangan biarkan rasa bersalah tidak terselesaikan

Jika selama ini Anda menyembunyikan perasaan bersalah karena melakukan perbuatan yang salah – seperti ke orang tua – katakan sesuatu. Anda akan merasa lebih baik jika mengungkapkan perasaan itu daripada terus menerus menyesalinya.

Minta pandangan orang lain

Jika anda menyalahkan diri sendiri karena masalah tertentu, bicarakan dengan teman atau kerabat. Mungkin anda mungkin salah mengingat duduk persoalannya, dan orang yang anda cintai dapat membantu mengingatkan tentang konteksnya dan melihat tindakan anda dalam sudut pandang lain.

Populer video

Berita lainnya