Cara Alami Menghentikan Bersin-Bersin

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bersin sesekali bukanlah masalah besar. Tentunya kita semua pernah mengamalinya bukan? Tetapi bagaimana jadinya apabila bersin itu menjadi-jadi dan terus berulang-ulang. Sungguh sangat menjengkelkan.

Sebenarnya bersin adalah mekanisme alami yang membantu menghilangkan iritasi dari hidung. Setiap kali benda asing seperti kotoran, asap, atau debu masuk ke lubang hidung, lapisan sensitif di hidung kita mulai teriritasi atau menggelitik. Ini yang menyebabkan kita bersin, guna membersihkan saluran udara dan menghilangkan partikel debu.

Sederhananya, bersin adalah pertahanan pertama untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Ini adalah tindakan refleks, yang berhenti dengan sendirinya setelah beberapa saat. Namun dalam beberapa kasus, bersin terus-menerus dapat membuat kita sangat tidak nyaman dan membuat kita terengah-engah.

Identifikasi pemicu anda bersin

Langkah pertama untuk mengidentifikasi pemicunya, hampir semua hal yang mengiritasi hidung bisa membuat anda bersin. Mengidentifikasi pemicunya dapat membantu anda mengatasinya dengan cara yang tepat. Beberapa pemicu berin secara umum seperti debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, parfum, makanan pedas, lada hitam atau virus flu biasa.

Jika anda mengetahui penyebabnya, maka konsultasi dan periksa ke dokter. Tapi setelah anda mengidentifikasi pemicunya, anda dapat memilih salah satu cara alami untuk meredakannya, seperti dilansir dari laman Times of India.

Madu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat membantu mencegah bersin terkait pilek dan flu. Tapi jika dikarenakan alergi, madu mungkin bukan pilihan yang ideal.Namun tidak ada salahnya memilikinya.

Sesuai teori, madu dapat membantu tubuh beradaptasi dengan alergen yang ada di lingkungan. mengonsumsi satu sendok teh madu saja dapat mengurangi peradangan dan memberikan rasa lega secara instan. Ini juga dapat diterapkan pada ruam alergi tropis untuk bantuan pertama.

Uap

Menghirup uap air panas adalah cara lain untuk mengatasi bersin. Yang perlu anda akukan adalah, ambil air panas dalam mangkuk besar dan hirup uap yang dikeluarkannya. Tutupi kepala anda dengan handuk saat menghirup uap. Menguapkan uap panas dapat membersihkan saluran hidung dan mengobati hidung meler. Ini juga merupakan obat yang efektif untuk flu. Studi menunjukkan bahwa menghirup uap dapat mengurangi waktu pemulihan penyakit sekitar satu minggu.

Hindari makan besar

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi beberapa orang mulai bersin setelah makan besar. Dalam istilah medis, ini disebut sebagai snatiasi, yang terdiri dari dua kata “bersin” dan “kenyang”. Para ahli belum menemukan alasan mengapa ini terjadi. Tapi bisa dengan mudah dicegah dengan makan dalam porsi kecil dan lebih sedikit.

Mengatakan sesuatu yang aneh

Mengucapkan kata-kata yang aneh diyakini dapat mengalihkan perhatian dari bersin dan membuat anda merasa lebih baik. Tidak ada penelitian yang menguatkan cara ini. Tetapi tidak ada salahnya dicoba, dan membuktikan apakah cara itu berhasil.

Menggelitik langit-langit mulut

Mitos lainnya, menggelitik atau merangsang langit-langit mulut dengan lidah bisa membantu menahan bersin. Lakukan ini selama beberapa detik sebelum bersin, dipercaya dapat membantu mencegahnya terjadi.

Jangan melihat langsung ke cahaya

Melihat langsung ke sicar cahaya yang terang juga bisa membuat beberapa orang bersin. Kondisi ini dikenal juga sebagai bersin fotik dan diturunkan dari satu anggota keluarga ke anggota lain. Untuk menghindarinya, kenakan kacamata hitam polarisasi setiap kali anda keluar rumah.

Tiup hidungmu

Untuk menghilangkan partikel debu dari hidung, coba tiup hidung anda. Jika anda bisa merasakan partikelnya, meniup hidung akan membantu anda menyingkirkannya. Setelah iritan keluar dari hidung, anda bisa mengoleskan losion pada lubang hidung.

Jepit hidung Anda

Ini adalah metode lain untuk menghentikan bersin sebelum terjadi. Saat anda merasa akan bersin, cubit lubang hidung, seolah-olah anda sedang mencium sesuatu yang tidak enak. Anda juga bisa mencubit hidung tepat di bawah alis. Kedua trik itu bisa berhasil.

Konsumsi vitamin C.

Buah seperti jeruk dan lemon mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat. Flavonoid dapat membantu membangun kekebalan tubuh untuk melawan bakteri yang menyebabkan pilek dan alergi. Anda dapat menambahkan suplemen vitamin C ke dalam makanan anda, ini sama bermanfaatnya dengan buah alami. Vitamin C mungkin tidak langsung meredakan, tetapi lama-kelamaan bisa mengurangi bersin.

Minyak kayu putih

Mengendus minyak kayu putih adalah obat lain yang bagus untuk bersin karena alergi debu. Minyak esensial ini mengandung senyawa yang disebut serai wangi, yang bekerja sebagai ekspektoran (meningkatkan sekresi dahak melalui saluran udara) dan memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial kayu putih ke saputangan lalu hirup. Ini akan membantu membersihkan saluran hidung dan menghilangkan partikel debu.

Populer video

Berita lainnya