Cari Tahu Makanan Karbohidrat yang tepat untuk Mengurangi Lemak Perut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ingin menurunkan berat badan, memilih diet yang tepat menjadi salah satu hal yang penting. Salah satunya diet rendah karbohidrat yang kian dikenal banyak orang. Seperti diketahui, karbohidrat seolah menjadi ‘musuh’ bagi mereka yang ingin menghilangkan lemak ekstra di perut.

Namun, tidak semua karbohidrat buruk. Dilansir dari laman Times of India, justru terdapat beberapa karbohidrat yang membantu proses penurunan berat badan. Itu semua tergantung pada jenis karbohidrat yang anda pilih untuk dikonsumsi.

Karbohidrat baik vs karbohidrat kurang baik: Mana yang lebih baik?

Karbohidrat yang baik adalah karbohidrat yang kaya nutrisi, mengandung serat tinggi dan digunakan untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Meskipun sarat dengan nutrisi, ia menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghindari berbagai jenis risiko kesehatan.

Sebaliknya, karbohidrat buruk adalah karbohidrat olahan dengan jumlah serat yang rendah dan seringkali menyebabkan masalah pencernaan dan penambahan berat badan. Ini menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang pada akhirnya memicu rasa lapar sehingga ingin lebih banyak makanan berkalori tinggi.

Makan karbohidrat yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan

Melakukan diet rendah karbohidrat dapat membantu menurunkan berat badan, namun dapat
menghilangkan nutrisi yang diperlukan tubuh dalam melakukan aktivitas. Oleh karena itu, alih-alih menyetop asupan karbohidrat, gunakan karbohidrat kompleks yang kaya serat dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain membantu mengurangi berat badan, anda juga bisa menghindari makanan berkalori tinggi.

Karbohidrat kaya serat bisa mengurangi kembung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Clinical and Translational Gastroenterology, orang yang mengonsumsi karbohidrat kaya serat mengalami cenderung jarang mengalami masalah kembung, dibanding mereka yang mengonsumsi makanan rendah lemak. Karenanya, mengonsumsi karbohidrat yang kaya serat, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi kembung secara signifikan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan perut rata.

Karbohidrat yang baik membantu mengurangi lemak perut

Lemak perut terdiri dari lemak visceral, yang membandel dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Lemak ini mengelilingi organ di dalam tubuh, dan dapat menyebabkan penyakit jantung kronis. Konon, dengan menambah asupan karbohidrat baik dan mengurangi makanan berkalori tinggi, serta dibarengi dengan olahraga secara teratur, bisa menurunkan lemak di sekitar perut anda secara signifikan.

Populer video

Berita lainnya