Alasan Anda Harus Memakai Sandal di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagian kalian mungkin membiasakan diri mengenakan sandal di rumah. Tapi sebagian orang lain bisa jadi tidak. Terlepas dari berbagai alasan yang menyebabkan anda memakai sandal atau tidak di rumah, pernahkah anda berpikir mengapa kita disarankan memakai sandal jepit di rumah?

Nyatanya ada berbagai manfaat memakai sandal bagi kesehatan yang mungkin tidak anda sadari. Sandal datar dapat membuat banyak perbedaan dalam hal kesehatan Anda. Dilansir dari laman Times of India, berikut beberapa alasannya.

Mencegah penyakit

Apakah anda sering menderita pilek dan flu? Selain harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ada kesalahan umum yang harus diperhatikan yang mungkin menjadi penyebabnya. Tidak memakai sandal di rumah memungkinkan panas tubuh keluar melalui kaki.

Saat tubuh terus kehilangan panas, sirkulasi darah menurun dan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan umum seperti pilek dan flu. Mengenakan sandal memberikan perlindungan pada kaki, dan membantu menjaga aliran darah tetap normal sehingga sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Mencegah infeksi bakteri dan jamur

Banyak orang merasa lantai rumahnya benar-benar bersih. Mungkin lantai terlihat bersih dan tidak bernoda. Tetapi ada banyak kuman dan bakteri yang tidak dapat anda lihat dengan mata telanjang.

Meskipun mengepel dan membersihkannya, anda tak dapat menghentikan mikroorganisme berbahaya yang terbawa masuk ke rumah melalui air, udara, dan sebagainya. Oleh sebab itu, mengenakan sandal dapat membantu melindungi kaki dari penyakit menular. Beberapa di antaranya adalah jamur kaki dan kutu air.

Meningkatkan keseimbangan tubuh

Mengenakan sandal dapat meningkatkan keseimbangan tubuh bagi bayi kecil ataupun orang tua. Sebab, kaki bayi yang tidak rata hingga usia tertentu membuatnya sering jatuh saat belajar berjalan. Dengan memakai sandal, dapat membantu bayi berjalan dengan mudah.

Sementara orang yang lebih tua, mereka harus memakai sandal yang memiliki penyangga lengkung. Mengenakan sandal dapat meningkatkan keseimbangan dan stabilitas, seiring bertambahnya usia. Pastikan untuk membeli sandal yang nyaman, dan menyediakan penyangga yang tepat.

Menyembuhkan kaki yang bengkak

Sirkulasi darah yang tidak tepat dapat menyebabkan kaki bengkak. Mengenakan sandal dapat membuat suhu kaki menjadi panas, dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Maka pilihlah sandal yang pas dengan kaki anda.

Populer video

Berita lainnya