Raja Hip-Hop P Diddy Ditangkap, Didakwa Atas Perdagangan Seks & Lainnya

pic by: google.com

Agen federal memborgol raja hip-hop Sean “Diddy” Combs pada Senin malam di New York. Setelah penangkapannya, dakwaan dibuka pada Selasa, mengungkap tuduhan yang lebih mengganggu terhadap sang penghibur.

Combs didakwa dengan tiga tuduhan: konspirasi pemerasan, perdagangan seks dengan paksa, penipuan, atau pemaksaan, dan pengiriman untuk terlibat dalam prostitusi. Penangkapan Combs menunjukkan bahwa hukuman mati yang telah lama ditunggu-tunggunya telah tiba. Dan kita harus berterima kasih kepada mantan pasangannya dan artis musik Casandra “Cassie” Ventura atas keberaniannya dalam mengungkap dugaan perilaku kejam dan kasarnya selama bertahun-tahun dengan gugatan yang diajukannya November lalu.

Bagi pria berkuasa seperti Diddy, jarang bagi mereka untuk dimintai pertanggungjawaban di depan umum atas tindakan kejam mereka — apalagi kemungkinan keadilan yang sebenarnya ditegakkan. Terkait kasus kekerasan seksual dan pemerkosaan, sistem peradilan biasanya tidak berpihak pada perempuan yang berani melapor.

Selain kekhawatiran akan pembalasan dari pelaku dan reaksi keras dari masyarakat, ketakutan tidak dipercayai adalah alasan lain yang menyebabkan korban tidak melaporkan kekerasan yang dialaminya. Menurut laporan dari National Sexual Violence Resource Center, pemerkosaan adalah kejahatan yang paling jarang dilaporkan, dengan 63% kekerasan seksual tidak dilaporkan ke polisi.

Ventura mengungkap dugaan kesalahan Combs, yang telah bersembunyi dalam kegelapan selama hampir dua dekade, merupakan tindakan keberanian yang patut dipuji. Kampanye seperti gerakan #MeToo telah memicu percakapan viral yang mendorong lebih banyak perempuan untuk menyuarakan kekerasan seksual yang mereka alami. Hasilnya, gerakan #MeToo telah menghasilkan vonis dan hukuman bagi orang-orang berkuasa seperti Harvey Weinstein, Bill Cosby, dan R. Kelly.

Kini, Combs tampaknya menjadi orang berikutnya yang harus membayar atas dugaan kejahatannya. Sebagaimana dinyatakan dalam dakwaan, tahun 2009 diperkirakan menjadi awal dugaan pelecehan yang dilakukan Combs. Menurut dokumen setebal 14 halaman tersebut, jaksa penuntut New York menuduh pengusaha tersebut menciptakan “usaha kriminal” yang selama puluhan tahun menyiksa, mengancam, dan memaksa wanita dan orang lain di sekitarnya untuk memenuhi hasrat seksualnya, melindungi reputasinya, dan menyembunyikan perilakunya.

Di antara klaim perilaku kasarnya, dakwaan tersebut juga menuduhnya terlibat dalam “perdagangan seks”, “kerja paksa”, “penculikan”, dan kejahatan mengerikan lainnya. Di antara dakwaan tersebut, dakwaan tersebut merinci kejadian-kejadian di mana Diddy diduga memaksa banyak wanita untuk “melakukan pertunjukan seks yang rumit dan diproduksi” dengan pekerja seks, menurut jaksa penuntut, yang dijuluki “orang-orang aneh”, sehingga terdengar seperti pesta yang tidak berbahaya, alih-alih tindakan mengganggu yang dijelaskan dalam dokumen pengadilan yang hanya dapat diartikan sebagai satu hal: pemerkosaan.

Sementara Diddy mengaku tidak bersalah di pengadilan New York setelah penangkapannya, jaminannya ditolak dan akan tetap berada dalam tahanan federal. Pada bulan Maret lalu, Homeland Security Investigations menggerebek rumah Combs di Los Angeles dan Miami karena serangkaian tuduhan terhadapnya terus bertambah. Namun, penangkapan dan dakwaan terbarunya merupakan perkembangan mengejutkan terbaru dalam masalah hukum yang sedang dihadapinya. Seminggu sebelum rangkaian peristiwa mengejutkan pada hari Senin, mantan anggota girl grup awal tahun 2000-an Danity Kane mengajukan gugatan terhadap produser rekaman tersebut.

Dawn Richard, yang dipilih Combs untuk bergabung dengan grup tersebut, menuduhnya melakukan penyerangan seksual, kekurangan makanan dan tidur, serta mengancam nyawanya ketika dia mencoba campur tangan dalam hubungan masa lalunya dengan Ventura. Gugatan Richard adalah satu dari sepuluh gugatan yang diajukan terhadap Combs sejak tahun lalu. Dugaan perilaku kasar Diddy terungkap ke publik pada bulan November 2023 setelah Ventura mengajukan gugatan yang mengejutkan terhadap artis tersebut, dengan tuduhan bahwa dia diperkosa, diperdagangkan secara seksual, dan menjadi korban kekerasan fisiknya.

Keduanya menyelesaikan perselisihan di luar pengadilan satu hari kemudian. Namun, klaim Ventura membuka kotak Pandora bagi para penyintas lain yang berani berbicara tentang interaksi mereka yang mengecewakan dengan Combs. Meskipun menyangkal tuduhan Ventura sejak awal, sebuah rekaman pengawasan yang memperlihatkan kekerasan yang dilakukannya terhadap Combs dirilis beberapa bulan kemudian. Pada bulan Mei 2024, sebuah rekaman yang diperoleh CNN memperlihatkan Diddy menyerang penyanyi “Me & U” itu secara fisik di lorong sebuah hotel di Los Angeles pada tahun 2016. Rekaman yang mengganggu itu menggemparkan Internet karena banyak pemirsa mengecam Combs atas perilaku kasarnya. Dua hari kemudian, ia mengeluarkan permintaan maaf di Instagram, dengan mengatakan bahwa perilakunya yang menjijikkan itu “tidak dapat dimaafkan” dan bahwa ia “benar-benar menyesal” karena menyerang mantan pacarnya.

Sejak Ventura muncul, lintasan warisan Combs telah anjlok dalam setahun terakhir. Ia kehilangan beberapa kemitraan bisnis dan mengundurkan diri sebagai ketua perusahaan medianya, Revolt. Ia telah dilucuti dari penghargaan penting, termasuk kunci kota kelahirannya di New York City. Dunia akhirnya menjatuhkan Combs dari jabatannya yang tinggi, di mana ia tidak lagi tak terkalahkan atau tak tersentuh.

Runtuhnya kerajaannya merupakan konsekuensi dari dugaan sejarahnya yang memperlakukan wanita dengan kejam. Penangkapannya hanya menggores permukaan dari perhitungan #MeToo yang tertunda di dunia hip-hop. Namun, ini adalah awal yang memiliki kekuatan untuk menjadi katalisator untuk meminta pertanggungjawabannya dan pelaku utama industri lainnya atas perilaku mereka yang tidak dapat diterima. Menuntut pertanggungjawaban Combs atas berbagai tuduhan terhadapnya diperlukan agar keadilan dapat ditegakkan. Ini juga merupakan langkah ke arah yang benar menuju penyembuhan bagi para penyintasnya. Kejatuhan Combs bukanlah sebuah tragedi. Dan siapa pun yang percaya bahwa itu adalah tragedi berada di sisi sejarah yang salah.

Populer video

Berita lainnya