Restoran Sunda Terbaik di Bandung

pic by: canva.com

Setiap kali Anda mengunjungi Bandung, Indonesia, kami sangat menyarankan Anda untuk bersantap di restoran Sunda. Ini mungkin akan menjadi pengalaman yang unik selama liburan Anda, karena selain hidangan Sunda yang lezat, banyak restoran yang memiliki suasana pedesaan Sunda. Ruang makan berada di gazebo kecil yang disebut saung, dikelilingi oleh kolam ikan, sawah, atau taman, diiringi oleh ansambel musik Sunda yang disebut Degung. Para pelayan biasanya mengenakan kostum tradisional Sunda.

Ada banyak restoran Sunda di Bandung, masing-masing menawarkan hidangan khusus di menu mereka. Berikut adalah daftar restoran Sunda yang paling direkomendasikan di Bandung:

Sindang Reret

Dibuka untuk bisnis sejak 1973, Sindang Reret adalah salah satu Restoran Sunda tertua di Jawa Barat. Ada empat restoran Sindang Reret yang tersebar di provinsi Jawa Barat (Bandung, Lembang, Ciwidey, dan Karawang). Sindang Reret Cikole Lembang dan Ciwidey memiliki hotel dan taman bermain. Semuanya tempat nongkrong dan bersantai yang asyik.

Menurut kami, sajian khas Sindang Reret adalah gepuk. Gepuk adalah irisan daging sapi yang dibumbui, dimasak, lalu digoreng. Gepuk dari Sindang Reret dibumbui dengan sempurna dan dimasak hingga empuk.

Dapoer Pandan Wangi

Ada dua gerai Dapoer Pandan Wangi, keduanya berada di dalam Kota Bandung: Jl. Patuha No. 38 dan Jl. Terusan Pasirkoja No. 380, Bandung. Sajian khas dari rumah makan Sunda ini adalah Terong Raos, istilah dalam bahasa Sunda untuk terong yang lezat. Terong Raos adalah irisan terong yang dibaluri tepung bumbu lalu digoreng.

Anehnya, Dapoer Pandan Wangi menyajikan ampas kecap, yaitu ampas kacang hitam hasil produksi kecap. Makanan ini dianggap sebagai makanan orang miskin, tetapi rasanya lezat!

Ma’Uneh “Asli”

Dibuka pada tahun 1960, Ma’Uneh adalah rumah makan Sunda legendaris di Bandung. Banyak orang yang kembali lagi ke Ma’Uneh, meskipun lokasinya di Gang Terasana — gang sempit yang bersebelahan dengan pabrik kina di Jalan Pajajaran, Bandung.

Restoran Sunda ini menyajikan berbagai makanan Sunda rumahan. Menu andalannya adalah jeroan sapi (babi, usus, paru, lidah, dll.) dan berbagai macam pepes (hidangan yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus atau dipanggang).

Kampung Daun Culture Gallery and Cafe

Salah satu menu istimewa di Kampung Daun adalah Nasi Kukus Legend. Nasi kukus ini merupakan nasi yang dicampur dengan ikan teri, daun kemangi, cabai, dan petai, lalu dibungkus dengan daun pisang. Jika Anda lebih suka makanan ringan, Anda mungkin ingin mencoba camilan tradisional, seperti surabi dan pisang goreng. Selain hidangan Sunda, Anda juga bisa memesan pizza dan pasta di sini! Sapulidi Cafe, Resort & Gallery

Ada beberapa tata letak di Sapulidi yang dapat Anda pilih: bersantap di tengah sawah, dekat kolam teratai, atau di dalam restoran utama. Menu spesial mudah dikenali karena mereka menggunakan bahasa Sunda untuk hidangan yang disiapkan dengan resep rahasia! Di akhir pekan, mereka juga menyajikan makanan ringan seperti singkong goreng, surabi (pancake Sunda), dan Wedang Ronde (bola beras ketan dalam sirup jahe manis).

Liwet Asep Stroberi (Asstro)

Restoran Asep Stroberi pertama dibuka pada tahun 2006. Saat ini, restoran Sunda ini memiliki enam belas gerai, tersebar di wilayah Bandung Raya, Garut, dan Tasikmalaya. Yang di kota Bandung ada di jalan Linggawastu no. 11. Mereka juga memiliki dua gerai di dekat Lembang:

Setiap gerai menyajikan menu yang sedikit berbeda, tetapi spesialisasi mereka adalah Nasi Liwet dan sup buntut. Mereka juga menjual gurami goreng dan panggang dengan berbagai macam saus. Seperti biasa, semakin pedas sausnya, semakin enak!

Gubug Makan Mang Engking

Sejak dibuka pada tahun 2002, Gubug Makan Mang Engking memiliki lebih dari dua puluh gerai di seluruh Jawa. Dua gerai berada di Bandung: satu di utara dekat Lembang (Jalan Raya Tangkuban Perahu Km. 1, no. 68 Lembang) dan satu di selatan di Jalan Kopo Bihbul no. 45, Sayati Bandung.

Restoran Sunda ini mengkhususkan diri pada hidangan laut Sunda, seperti udang bakar madu, kepiting, dan kepiting lunak. Tentu saja, mereka juga menyajikan makanan khas Sunda, seperti ayam goreng atau bakar dan gurami.

Populer video

Berita lainnya