Empat Tips Dasar Merawat Buku Koleksi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sumber foto: https://unsplash.com/photos/assorted-book-lot-XT-o5O458as?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Buku adalah salah satu sumber informasi yang sering menjadi rujukan bagi banyak orang. Membaca buku juga memberikan kepuasan tersendiri, dibandingkan membaca lewat gadget. Aroma yang dihasilkan oleh lembar demi lembar dari halaman buku, dinilai memberikan kenikmatan tertentu bagi beberapa orang. Itulah yang menyebabkan buku cetak masih tetap eksis beredar pada era masyarakat digital saat ini.

Tidak dipungkiri bahwa mengkoleksi buku menjadi hobi yang masih disukai. Apakah anda termasuk salah satu orang suka mengkoleksi buku? Sudah berapa banyak buku yang anda miliki saat ini?

Mengkoleksi buku merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus perlu perhatian. Tidak hanya berusaha menemukan buku yang diinginkan jika tidak dijual di toko buku pada umumnya, mengkoleksi buku juga harus memperhatikan kondisi buku yang sudah dikoleksi. Resiko menyimpan naskah cetak seperti buku memang perlu menjadi pertimbangan. Lembar yang menguning, timbul bercak dan rapuh, merupakan hal yang sering terjadi jika buku tersimpan sudah terlalu lama di sebuah ruangan.

Berikut adalah empat tips paling dasar dan mudah untuk merawat buku bagi Anda yang gemar mengkoleksi buku.

  • Sering membersihkan buku dari debu yang menempel

Debu-debu yang menempel pada buku akan meninggalkan bekas jika tidak segera dibersihkan. Selain itu, buku juga akan lebih cepat terlihat usang dan akan cepat rapuh. Maka dari itu, sisikanlah waktu Anda untuk membersihkan buku-buku di lemari buku Anda. Cukup dengan sapu bulu dan rutin dilakukan, maka buku Anda akan terhindar dari kerusakan.

  • Gunakan sampul plastik

Sampul plastik akan melindungi sampul buku anda dari basah akibat cairan dan juga terkena debu secara langsung. Penggunaan sampul plastik dianjurkan juga agar cover buku tidak terkelupas pada bagian ujungnya. Selain itu, hal ini juga dapat menghindari permukaan sampul salah satu buku menempel dengan permukaan sampul buku yang lain yang disimpan bertumpuk atau berjejer.

  • Gunakan pembatas buku saat sedang membaca

Pembatas buku sangat berguna untuk menandai halaman yang sedang kita baca. Hindari melipat bagian halaman buku, karena ini akan memunculkan garis yang dapat membuat buku robek.

  • Perhatikan ruangan untuk menyimpan buku

Buku akan lebih mudah rusak jika disimpan pada ruangan yang lembap. Pada ruangan lembap, jamur akan lebih cepat berkembang biak dan akan merusak buku. Maka dari itu, perhatikan ruangan penyimpanan buku, hindari dari ruangan yang kedap dan lembap, namun juga jangan terpapar sinar matahari secara langsung. Jika buku hendak disimpan di lemarin tertutup, sebaiknya lakukan pembersihan minimal seminggu sekali untuk menghindari kerusakan dan biarkan lemari terbuka beberapa saat untuk mendapatkan sirkulasi udara.

Demikianlah empat tips dasar tentang merawat buku tanpa modal. Semoga tips ini dapat membantu Anda dan membuat Anda semakin bersemangat untuk membaca dan mengkoleksi buku.

Populer video

Berita lainnya