Rizki Juniansyah Sumbang Emas Kedua untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Pict by Instagram

Rizki Juniansyah berhasil mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dengan meraih medali emas di cabang angkat besi. Turun di kelas 73kg di South Paris Arena pada Jumat dini hari (9/8/2024), Rizki tampil gemilang dan membawa pulang emas kedua untuk Indonesia.

Atlet muda berusia 21 tahun ini mencatatkan total angkatan 354kg, terdiri dari 155kg di snatch dan 199kg di clean & jerk. Pencapaian tersebut membuatnya unggul dari pesaingnya, yaitu Weeraphon Wichuma dari Thailand yang mengangkat total 346kg dan Bozhidar Dimitrov Andreev dari Bulgaria dengan total 344kg.

Di sisi lain, juara Olimpiade Tokyo 2020 asal China, Zhiyong, harus menerima kenyataan pahit pulang tanpa medali. Meskipun berhasil mengalahkan Rizki di angkatan snatch, Zhiyong gagal mengangkat beban di clean & jerk sehingga kehilangan kesempatan untuk membawa pulang medali.

Rizki sendiri sempat mengalami kegagalan di angkatan pertama snatch saat mencoba beban 155kg. Namun, pada kesempatan kedua, ia berhasil menaklukkan beban tersebut, membuatnya terus bersaing dalam perebutan emas. Atmosfer di South Paris Arena sempat memanas saat Luis Mosquera berhasil mengangkat beban yang sama dengan Rizki pada upaya terakhirnya. Namun, Rizki tetap keluar sebagai juara. Dengan prestasi ini, Rizki menambah perolehan medali emas bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Populer video

Berita lainnya