Tips Membersihkan Karpet di Rumah dengan Praktis dan Mudah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membersihkan Karpet
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Karpet dapat membuat kotoran terperangkap. Berbagai polutan, seperti debu, bulu hewan peliharaan, jamur, hingga pestisida dapat terperangkap di dalam karpet dan membahayakan kesehatan keluarga di rumah jika sampai terhirup dan masuk ke dalam tubuh.

Apalagi anak-anak rentan terkena paparan polusi yang berasal dari karpet. Pasalnya, mereka cenderung bermain di atas karpet dan langsung bersentuhan dengan tangannya. Untuk mencegah masalah ini, berikut adalah sejumlah cara membersihkan karpet yang mudah dilakukan seperti dilansir dari laman sehatQ.

Menggunakan vacuum cleaner

Salah satu cara membersihkan karpet dari rambut, bulu hewan, dan kotoran lainnya adalah menggunakan mesin vakum. Terdapat sejumlah tips menggunakan vakum saat membersihkan karpet, di antaranya:

  • Supaya hasilnya maksimal, angkat segala perabotan yang ada di atas karpet sebelum Anda melakukan proses vakum.
  • Sesuaikan ketinggian vakum yang tepat agar daya hisapnya semakin kuat.
  • Vakum perlahan dan lewati area karpet yang sering diinjak oleh anak atau anggota keluarga lainnya.
  • Untuk membersihkan remah-remah kotoran, gunakan rol serat pada vakum untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Sebelum melakukan proses vakum, Anda dapat menaburkan soda kue, lalu diamkan selama satu jam sebelum dibersihkan. Hal ini dipercaya bisa membuat karpet Anda lebih bersih dan terlihat cerah.

Menggunakan kain basah

Terkadang, makanan atau minuman yang tumpah ke karpet dapat menimbulkan noda yang sulit untuk dihilangkan. Jika ini kasusnya, cara membersihkan karpet rumah dapat dilakukan dengan menggunakan kain basah secepat mungkin. Jika cairan makanan atau minuman yang tumpah ke karpet cukup padat, gunakan pisau tumpul atau ujung kartu untuk mengangkat kotoran tersebut.

Gunakan soda kue

Selain untuk urusan dapur saja, ternyata soda kue juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membersihkan karpet, lho. Untuk mencoba cara membersihkan karpet ini, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Pertama-tama, taburkan dulu soda kue di atas karpet secara merata, lalu vakum karpetnya untuk mengangkat semua remah-remah kotoran.
  • Siapkan botol semprot, lalu isi dengan dua tetes sampo karpet dan air hangat.
  • Semprot karpet dengan campuran sampo dan air hangat tersebut, tetapi jangan sampai karpet terlalu basah.
  • Gunakan sikat karpet untuk mengangkat segala kotoran dan debu yang terperangkap di dalam karpet.
  • Bersihkan karpet dengan handuk kering agar kelembapannya terangkat.
  • Siapkan botol semprot bersih dan isi dengan air untuk disemprotkan ke karpet.
  • Terakhir, gunakan lagi handuk kering untuk mengeringkan karpet.

Menggunakan sapu

Sapu dapat membantu Anda mengangkat debu dan kotoran kecil yang menempel pada karpet dengan bulu yang pendek. Jika karpet di rumah Anda memiliki bulu-bulu yang panjang, maka Anda perlu lebih sabar dan jeli dalam melihat debu yang terperangkap di dalam serat-serat karpet.

Menggunakan cuka putih

Untuk membersihkan karpet menggunakan cuka, Anda perlu mencampurkannya dulu dengan air.Lalu, semprotkan langsung sedikit demi sedikit ke bagian noda pada karpet dan gosok secara perlahan sampai nodanya hilang.

Jika ingin menghilangkan bau tak sedap, cobalah semprot ke bagian yang bau dan diamkan sampai baunya hilang. Meski begitu, setelah karpet menjadi bersih, bau cuka yang khas dapat tercium di rumah Anda selama beberapa saat.

Menggunakan es batu

Salah satu cara membersihkan karpet dari sampah permen karet adalah menggunakan es batu. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan:

  • Pertama-tama, angkat dulu sampah permen karet dari karpet sebisa Anda.
  • Kemudian, masukkan 2-3 es batu ke dalam tas plastik, lalu taruh di atas sampah permen karet yang masih menempel pada karpet.
  • Ketika permen karetnya mengeras, Anda dapat mengangkatnya dengan mudah dari serat-serat karpet.
  • Namun, Anda perlu mengangkatnya secara perlahan agar tidak merusak bagian karpet.

Populer video

Berita lainnya