Ketahui Cara Menjaga Gigi Tetap Putih bagi Perokok

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bebas Plak Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Biasanya keluhan yang paling sering dialami para perokok adalah warna gigi yang berubah menjadi kuning. Hal itu disebabkan karenan pengaruh nikotin dan tar yang terkandung dalam rokok. Ketika rokok diisap atau sekadar diletakkan di dalam mulut, nikotin dan tar dapat masuk ke rongga mulut dan lapisan terluar gigi, yaitu email.

Celakanya lagi bila para perokok malas menjaga kebersihan. Noda dari rokok dapat menumpuk dan bercampur dengan karang gigi, sehingga warna gigi akan berubah menjadi kuning kecokelatan atau bahkan lebih gelap. Untuk membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi, simak cara memutihkan gigi bagi perokok seperti dilansir dari laman klikdokter.

Sikat gigi secara teratur

Menyikat gigi langsung setelah merokok dapat mengurangi waktu untuk nikotin dan tar dari rokok berada di permukaan gigi dan gusi, sehingga mencegah gigi tidak cepat menguning. Bersihkan juga sela-sela gigi dengan dental floss. Tak lupa, bersihkan lidah secara rutin untuk membantu membuat napas lebih segar. Adapun sikat gigi yang dianjurkan dilakukan selama dua menit dengan tepat.

Menggunakan pasta gigi pemutih

Menggunakan pasta gigi pemutih dengan bahan aktif dan abrasif seperti silika dan kalsium fosfat dapat membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri. Pasta gigi ini juga menghilangkan noda akibat nikotin dan tar rokok, sehingga gigi perokok tampak lebih putih.

Menggunakan baking soda

Baking soda ditambah beberapa tetes hidrogen peroksida menjadi salah satu bahan untuk memutihkan gigi kuning akibat rokok. Campurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta, lalu gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi. Gosoklah dengan lembut permukaan gigi selama tiga puluh detik.

Rutin memeriksakan gigi

Pemeriksaan gigi secara teratur enam bulan sekali penting dalam usaha menghilangkan noda jangka panjang dan karang gigi. Namun, perokok berat sebaiknya perlu berkonsultasi mengenai jangka waktu kunjungan rutin yang sesuai untuk kondisi tersebut. Diskusikan juga bagaimana cara menghilangkan gigi kuning karena rokok.

Lakukan pemutihan di dokter gigi

Jika sudah mencoba beberapa pilihan perawatan rumahan untuk memutihkan gigi perokok namun belum berhasil, perawatan profesional oleh dokter gigi bisa menjadi solusinya. Namun perlu diingat, Anda harus berkonsultasi dulu supaya hasil pemutihan gigi bisa maksimal.

Gunakan larutan kumur

Selain dapat memutihkan, larutan itu juga dapat menghilangkan kuman di mulut dan menjaga kesehatan gusi agar terhindar dari penyakit. Caranya, cukup dengan berkumur selama satu menit lalu bilas dengan berkumur air putih.

Pilih makanan dan minuman yang tepat

Selain rokok, beberapa makanan dan minuman bisa menyebabkan gigi kuning. Sebut saja kopi, soda, dan makanan yang asam lainnya yang bisa membuat perubahan warna gigi tambah kuning, sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering.

Lebih baik, makan makanan kaya vitamin, protein, kalsium, dan serat untuk menyehatkan gigi dan gusi, sekaligus menjaga warna gigi tetap putih bersih. Contohnya keju, sayuran hijau, apel, wortel, batang seledri, dan kacang almond.

Populer video

Berita lainnya