An Se-young Raih Final Badminton Olimpiade, Akhiri Penantian Medali 28 Tahun

Pict by Instagram

An Se-young, pemain bulu tangkis nomor satu dunia, berhasil melaju ke final tunggal putri di Olimpiade Paris. Ini menjadi medali pertama Korea Selatan dalam 28 tahun untuk kategori ini. An mengalahkan Gregoria Mariska Tunjung dari Indonesia dengan skor 2-1 (11-21, 21-13, 21-16) di semifinal yang berlangsung di La Chapelle Arena, Paris. Dengan kemenangan ini, An telah memastikan medali perak untuk Korea Selatan, medali pertama sejak Bang Soo-hyun meraih emas pada tahun 1996.

Pada final hari Senin, An akan menghadapi pemenang dari pertandingan semifinal lainnya antara He Bingjiao dari China dan Carolina Marin dari Spanyol, juara Olimpiade tunggal putri tahun 2016. An telah mengalahkan Marin, peringkat empat dunia, di final kejuaraan dunia 2023 dan memiliki rekor menang enam kali dari sepuluh pertemuan mereka.

Melawan He Bingjiao, peringkat sembilan dunia, An memiliki keunggulan 8-5. He sebelumnya mengalahkan Chen Yufei, pemain peringkat dua dunia dari China, di perempat final di Paris. Pada pertandingan semifinal melawan Tunjung, An kesulitan pada game pertama. Tunjung memimpin dengan serangkaian pukulan cerdas yang memaksa An membuat kesalahan tidak biasa. Tunjung mencetak empat poin pertama dan An tidak pernah memimpin dalam game pertama yang berakhir 21-11.

Sebelumnya, An telah mengalahkan Tunjung dalam tujuh pertemuan tanpa kehilangan game pertama. Pada game kedua, An menunjukkan keahliannya dengan unggul 3-1 dan tidak pernah tertinggal. An menutup game kedua dengan mencetak lima poin terakhir saat Tunjung terus melakukan kesalahan.

Pada game ketiga, An memimpin 4-0 sejak awal dan memimpin hingga 12-3. Tunjung sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 16-13, namun An segera merespons dengan memenangkan empat poin berikutnya dan menutup pertandingan dengan skor 21-16.

An juga kalah pada game pertama sebelum bangkit memenangkan dua game berikutnya dalam kemenangan semifinal melawan Akane Yamaguchi dari Jepang pada hari Sabtu. Dengan hasil ini, An menunjukkan ketangguhannya dan menjadi ancaman serius untuk meraih emas di Paris.

Populer video

Berita lainnya