Psikologi Dibalik Perubahan Warna Rambut, 7 Manfaat yang Meningkatkan Mood

pic by: canva.com

Ada psikologi di balik perubahan warna rambut, dan mungkin itu adalah peningkatan suasana hati yang anda butuhkan. Menurut penelitian, warna yang berbeda membangkitkan emosi yang berbeda, bahkan berdampak pada kesejahteraan mental dan fisik kita. Dalam upaya untuk membuat diri kita bahagia kembali di dunia yang penuh dengan perubahan terus-menerus ini, mengubah warna rambut dapat memberikan perasaan awal yang segar.

Bayangkan melihat ke langit setelah hari yang buruk, sinar matahari berwarna kuning dan begitu pula warna-warna bahagia seperti oranye, merah muda, merah, dll. Semuanya memberikan getaran positif yang kita semua sukai. Bahkan warna yang lebih lembut seperti peach atau lilac juga dapat membangkitkan semangat anda. Ini sejalan dengan warna-warna sejuk seperti biru, hijau, dan ungu; mereka memunculkan rasa tenang dan relaksasi. Itulah mengapa memahami psikologi di balik setiap hal kecil adalah hal yang baik karena anda tidak pernah tahu apa manfaatnya bagi Anda secara mental atau emosional – sebelum anda berpenampilan baru, ketahui efek psikologis positif dari warna rambut di bawah ini!

1. Bentuk Ekspresi Diri. Warna yang dipilih seseorang untuk rambutnya dapat menunjukkan banyak hal tentangnya. Anda dapat memilih pakaian yang mencerminkan sesuatu, atau anda dapat mendekorasi rumah untuk mencerminkan siapa diri anda.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anda. Ketika kita berpenampilan bagus, kita merasa nyaman. Itu bukan rahasia lagi. Dengan mengubah warna rambut, itu akan mempercantik penampilan anda dan membuat anda merasa lebih menarik.

 3. Anda Mendapatkan Rasa Kendali. Begitu banyak hal yang tidak pasti dalam hidup kita saat ini. Satu hal yang pasti adalah kenyataan bahwa mewarnai rambut akan memberi anda rasa kendali atas sesuatu dalam hidup anda ketika rasanya tidak ada hal lain yang berjalan baik. Kita dapat melakukan apa pun yang kita inginkan dengannya dan mengubah aspek apa pun di dalamnya kapan pun kita mau.

4. Ini Suatu Bentuk Pelepasan Emosional atau Mekanisme Mengatasinya. Kita melihat orang-orang selalu menemukan hiburan dalam berbagai hal, baik mereka menyadarinya atau tidak. Ada yang menuliskan pemikirannya, ada yang berjalan-jalan atau berlari setiap hari, bahkan ada yang mencoba sesuatu yang baru dengan penampilannya seperti mewarnai rambut! Rambut yang diwarnai dan penyakit mental berjalan seiring ketika seseorang mencari awal yang baru setelah sekian lama penuh dengan hal-hal negatif atau jika mereka hanya menginginkan sesuatu yang berbeda maka yang perlu mereka lakukan hanyalah mengubah warna rambut mereka! Ini dapat membantu mereka melepaskan segala sesuatu dari masa lalu.

5. Merangsang Kreativitas Anda. Mencoba semua warna rambut berbeda yang tersedia di dunia ini adalah cara yang bagus untuk merangsang pikiran kreatif kita. Ini adalah kesempatan bagi kita semua, terutama mereka yang mengalami kesulitan, untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal lain.

6. Anda Dapat Membentuk Hubungan Sosial. Ketika seseorang mengubah warna rambutnya, hal itu menjadi pembuka percakapan. Ini tidak berarti mereka akan berteman dengan semua orang yang mereka temui setelah mewarnai rambut, tetapi hal ini tetap menempatkan mereka di jalur yang benar! Siapa pun dapat memulai percakapan tentang tips menata rambut, bertukar pujian tentang rambut satu sama lain secara umum, atau bahkan menjalin ikatan atas beberapa pengalaman bersama yang mungkin mereka alami terkait dengan perubahan penampilan!

7. Meningkatkan Mood Anda. Terakhir, hal terpenting yang didapat seseorang setelah mengecat rambutnya adalah bagaimana perasaannya. “Saat kami terlihat bagus, kami merasa baik.” Kutipan itu saja sudah cukup menjelaskan tentang rambut yang diwarnai dan cara mengatasi penyakit mental. Mengubah penampilan Anda secara umum memicu dopamin (Neurotransmitter yang terkait dengan kesenangan dan penghargaan.)

Populer video

Berita lainnya