Sekarang Semakin Trending Transisi Pembelajaran Virtual ke Hibrida

pic by: canva.com

Pembelajaran hibrid merupakan hal baru bagi banyak guru, namun kini menjadi bagian dari pendidikan normal. Setelah melakukan pembelajaran jarak jauh di rumah, banyak sekolah yang mulai kembali menerapkan sistem pembelajaran tradisional di dalam kelas.

Sekarang, sekitar beberapa tahun yang lalu, kita merenungkan gangguan yang dialami semua orang di sekolah, tempat kerja, rumah, keluarga, dan kehidupan sosial. Yang paling penting adalah bertanya-tanya mengapa begitu banyak sekolah yang tidak siap.

Meskipun banyak daerah yang memiliki sekolah dengan pernyataan misi dan visi yang berfokus pada mempersiapkan siswa menghadapi dunia global, di mana teknologi adalah landasan masa depan yang tak terelakkan. Namun proses pengajaran dan pembelajaran digital yang disebabkan oleh pandemi telah membantu para guru di seluruh negeri mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melakukan transisi hybrid.

Apa itu pembelajaran hibrida?

Menurut Panaramaed.com, pembelajaran hybrid menggabungkan pengajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Dalam konteks pembukaan kembali sekolah akibat virus corona, model hibrida akan mengurangi jumlah siswa di dalam gedung dengan memindahkan sebagian penyampaian pelajaran secara online.

Anda juga dapat menyebutnya sebagai pembelajaran campuran tetapi bagi banyak orang, strukturnya tetap sama, yaitu pembelajaran yang merupakan kolaborasi interaksi pembelajaran tatap muka dan online.

Contoh pembelajaran hibrida?

Saat ini di sekolah banyak yang menerapkan model pembelajaran hibrid dengan memperbolehkan siswa datang ke pembelajaran tatap muka dua kali seminggu. Mereka dibagi menjadi grup A dan grup B, grup A datang pada hari Selasa dan Kamis, dan grup B pada hari Rabu dan Jumat. Senin adalah pembelajaran online untuk seluruh sekolah. Untuk hari libur siswa, mereka melakukan pembelajaran asinkron di mana mereka menyelesaikan tugas yang mereka mulai di sekolah.

Kami juga memiliki sekelompok siswa yang hanya online. Orang tua mereka ingin menjaga lingkungan pembelajaran online bagi mereka sehingga sekolah menjadikan hal itu sebagai pilihan. Para siswa ini datang ke kelas Zoom pada hari Selasa dan Kamis dan mendapatkan pembelajaran asinkron pada hari-hari di luar kelas Zoom.

Bagaimana mengajar dalam format hibrida

Pengajaran dalam format hibrida bervariasi dari satu daerah ke daerah lain dan bahkan berbeda-beda tergantung gurunya. Kita dapat mencoba untuk mempertahankan format model yang sama seperti yang dilakukan ketika siswa saya sepenuhnya online. Kalau pikir ini tidak hanya lebih mudah bagi mereka tetapi lebih mudah bagi guru-siswa sehingga tidak menimbulkan lebih banyak pekerjaan.

Setiap Senin dan Rabu, pelajaran dibuat untuk minggu ini. Dengan membuat materi pelajaran  menggunakan presentasi PowerPoint atau Google Slides dan saya menyampaikan pelajaran di kelas Zoom dan di kelas tatap muka. 15 menit terakhir waktu mereka bersama saya untuk mulai mengerjakan tugas mereka.

Populer video

Berita lainnya