Akupresur untuk Pemula, Ini Penjelasan, Manfaat, dan Risikonya

pic by: canva.com

Akupresur adalah jenis pengobatan alternatif yang menggunakan titik-titik tekanan untuk mengurangi rasa sakit, menyeimbangkan energi, dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Ini dapat membantu mengobati sakit leher dan punggung, menenangkan mabuk perjalanan dan mual, serta meningkatkan kesehatan mental.

Ini adalah pilihan pengobatan non-invasif yang menawarkan alternatif alami atau pilihan pelengkap terhadap pengobatan yang direkomendasikan dokter. Tangan, khususnya, memiliki banyak titik tekanan, yang merupakan titik spesifik yang diyakini dapat meningkatkan aliran energi ke seluruh tubuh.

Apa itu Akupresur?

Akupresur adalah jenis terapi pijat yang melibatkan pemberian tekanan ke berbagai bagian tubuh. Ini adalah praktik kuno yang didasarkan pada pengobatan tradisional Tiongkok dan mirip dengan akupunktur, hanya saja metode ini menggunakan tekanan ujung jari, bukan jarum.

Ia bekerja dengan memberikan tekanan untuk melepaskan blok energi dalam tubuh dan dapat membantu berbagai kondisi mulai dari sakit kepala, mual, hingga ketegangan otot. Akupresur berfokus pada keseimbangan energi qi karena diyakini bahwa ketidakseimbangan energi dapat berdampak negatif pada kesehatan anda.

Memberikan tekanan pada area tubuh tertentu dapat merangsang saraf sehingga membantu mengurangi sensasi nyeri. Akupresur juga terbukti menurunkan kadar hormon stres kortisol dan meningkatkan endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit. Ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Tujuan keseluruhan akupresur adalah memulihkan kesehatan dan keseimbangan tubuh serta meningkatkan keadaan relaksasi. Hal ini dapat dilakukan bersamaan dengan terapi pijat atau akupunktur, atau sebagai pengobatan yang berdiri sendiri. Banyak dari titik-titik tekanan tubuh yang paling kuat diyakini terletak di tangan.

10 Manfaat Akupresur: Membantu mengatasi masalah tidur seperti insomnia, Meredakan stress, Pereda sakit, Meredakan sakit kepala, Mengurangi kram menstruasi, Menenangkan mabuk perjalanan, Membantu meningkatkan kesehatan mental, Meredakan ketegangan otot dan nyeri, Mengurangi mual dan muntah selama kehamilan, dan Mengurangi mual dan muntah setelah operasi atau kemoterapi

3 Risiko Akupresur: Akupresur umumnya dianggap aman dan risikonya minimal. Namun, efek samping yang ringan dapat berupa: Kelelahan, Mual, dan Pusing.

Populer video

Berita lainnya