Sebaiknya Hindari Makanan Ini saat Menjalankan Ibadah Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Junk Food
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Penting memilih menu yang tepat ketika sahur dan berbuka ketika sedang menjalani ibadah puasa. Hal itu penting untuk menjaga daya tubuh, karena selama 12 jam lebih Anda akan menahan lapar dan haus. Nah, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari selama menjalankan ibadah puasa. Melansir laman hallosehat, simak ulasannya.

Gorengan

Gorengan sepertinya sudah menjadi menu khas di saat berbuka. Tak sedikit yang memilih menu ini, karena memang rasanya yang nikmat. Namun, jenis makanan ini ternyata dapat meningkatkan produksi asam lambung. Ini karena gorengan termasuk dalam kategori makanan “panas” rendah serat yang sulit dicerna.

Sebaiknya Anda juga memperbanyak konsumsi buah dan sayuran jika kamu mengonsumsi gorengan ketika berbuka. Ini bertujuan untuk menambah serat dalam tubuh.

Makanan terlalu manis

Mengonsumsi makanan manis memang dianjurkan saat berbuka puasa. Namun, pastikanmemilih makanan manis yang akan dikonsumsi. Makanan yang terlalu manis berbahan gula rafinasi atau tambahan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan.

Sebab, makanan yang terlalu manis dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Kondisi ini dapat memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin, meningkatkan risiko obesitas, dan menyebabkan hiperglikemia.

Makanan pedas

Saat berbuka puasa, makan jenis ini sebaiknya dihindari terutama bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung. Jika Anda memakan makanan pedas saat perut dalam kondisi kosong dapat meningkatkan produksi asam. Tidak hanya itu, lambung pun menjadi lebih sensitif saat dalam keadaan kosong sehingga dapat membuat maag kamu kambuh.

Hidangan keju

Tidak jarang keju dijadikan pelengkap dalam menu takjil saat berbuka puasa. Sebenarnya konsumsi hidangan berbahan keju dengan jumlah yang sedikit tentu tidak masalah. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, hidangan keju dapat menyebabkan masalah lambung, seperti perut kembung.

Makanan dan minuman berkafein

Anda perlu menghindari jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein. Sebab, kafein bersifat diuretik, sehingga membuat kamu jadi lebih sering buang air kecil dan merasa cepat haus.

Junk food

Penting untuk menghindari konsumsi junk food yang rendah serat baik saat sahur maupun ketika berbuka. Pasalnya, makanan tersebut dapat menimbulkan beberapa dampak negatif pada tubuh. Salah satunya seperti meningkatkan asam lambung. Di samping itu, berbuka puasa dengan junk food juga dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit.

Alih-alih mengonsumsi junk food, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi air, sayuran, dan buah lebih banyak agar kebutuhan serat dapat terpenuhi.

Populer video

Berita lainnya