Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Cegukan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang tentunya pernah mengalami cegukan. Kondisi ini bisa muncul kapan saja dan di mana saja, entah saat selesai makan atau ketika perut kosong. Namun pada umumnya, mengatasi cegukan cukup mudah. Biasanya kondisi itu bisa diatasi dengan minum air. Namun bagaimana jika Anda sedang berpuasa?

Ketika berpuasa, tentu saja Anda tidak bisa minum untuk membantu mengatasi keluhan tersebut. Lantas, bagaimana cara menghilangkan cegukan tanpa membatalkan puasa? Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa upaya yang bisa Anda lakukan.

Menahan napas

Tips ini cukup populer untuk mengatasi cegukan, karena dapat dilakukan kapan saja. Caranya pun terbilang sederhana dan mudah. Anda hanya perlu menahan napas dalam 10 hitungan lambat sebelum mengembuskannya seperti biasa. Hal ini dapat dilakukan 3‒4 kali setiap 20 menit hingga cegukan mereda.

Bernapas dalam kantong kertas

Bernapas dalam kantong kertas bisa menjadi pilihan cara mengatasi cegukan saat puasa. Caranya, hirup udara, lalu buang dalam kantong kertas tersebut berulang kali dalam periode tertentu. Tindakan ini akan membuat otot diafragma yang tadinya tegang menjadi relaks, sehingga cegukan bisa berhenti.

Tekuk lutut dan arahkan ke dada

Cara menghentikan cegukan saat puasa yang lain adalah dengan melakukan gerakan tertentu, yaitu duduk sambil memeluk lutut dan mengarahkannya sedekat mungkin ke dada. Posisi tersebut akan menekan area diafragma, sehingga udara yang terjebak dapat keluar. Pertahankan posisi ini selama 2 menit untuk membantu mengatasi cegukan saat puasa.

Tekan hidung dan menelan

Tindakan ini dapat membuat otot diafragma berelaksasi, sehingga dapat membantu mengatasi cegukan tanpa membatalkan ibadah puasa Anda.

Pijat lembut area ulu hati

Anda juga dapat melakukan pijatan dengan ujung jari secara lembut pada bagian ulu hati untuk membantu mengatasi cegukan. Lakukan gerakan tersebut selama 20‒30 detik. Dengan melakukan hal tersebut, diharapkan cegukan bisa langsung berhenti.

Menutup kedua telinga

Anda bisa juga mencoba menutup kedua telinga menggunakan tangan selama 20 detik. Gerakan ini dapat mengirimkan sinyal relaksasi dari otak ke bagian diafragma, sehingga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan saat puasa.

Memijat telapak tangan

Anda juga dapat mencoba memijat telapak tangan dengan ibu jari untuk membantu meredakan cegukan tanpa minum. Caranya, tekan telapak tangan kiri dengan ibu jari sebelah kanan. Lakukan hal yang sama untuk bagian satunya. Anda bisa melakukan gerakan pemijatan ini beberapa kali hingga cegukan reda atau hilang.

Pijat bagian leher

Terdapat denyut nadi yang cukup keras pada bagian leher, yaitu di arteri karotis. Cobalah untuk merasakannya dan berikan pijatan lembut. Pastikan Anda meletakkan kedua tangan tepat di atas arteri karotis. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar leher berlawanan jarum jam. Gerakan ini dapat dilakukan selama 5 detik hingga cegukan hilang.

Populer video

Berita lainnya