Perhatikan! Ini Tanda-Tanda Anda Berada dalam Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Efek Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Tidak Seimbang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gaji besar tidak menjamin seseorang akan bahagia saat bekerja. Lingkungan kantor pun ikut andil dalam memengaruhi kebahagiaan Anda. Tak jarang, banyak yang merasa tidak betah lantaran lingkungan kerja yang buruk.

Menurut sebuah jurnal pada tahun 2017, tempat kerja yang tidak sehat, seperti lingkungan ataupun rekan kerja yang buruk bisa berpengaruh kepada pekerjaan dan kesehatan. Ketika lingkungan kerja buruk dan tak mendukung, stres yang Anda alami bisa membuat pekerjaan keteteran. Akibatnya, Anda harus lembur bahkan sampai kurang tidur. Melansir laman helloSEHAT, berikut ini tanda-tanda lingkungan kerja Anda tidak sehat.

Mendapatkan pelecehan secara verbal

Salah satu ciri yang menandakan bahwa tempat kerja Anda buruk secara mental adalah Anda mendapatkan pelecehan secara verbal. Hal ini dapat dilakukan oleh rekan kerja atau atasan Anda. Pelecehan ini mungkin bertujuan agar Anda merasa tertekan, pekerjaan terbengkalai, hingga melakukan apa yang mereka suruh.

Terdapat pelecehan seksual

Pelecehan seksual merupakan salah satu bentuk pelecehan yang sering terjadi di dunia pekerjaan. Baik pria dan wanita dapat mengalami hal ini. Berikut beberapa contoh pelecehan seksual yang mungkin bisa membantu Anda mengidentifikasi lingkungan kantor Anda.

  • Membuat lelucon atau sindiran yang bersifat seksual
  • Menyentuh bagian tubuh Anda secara tidak pantas tanpa persetujuan
  • Melakukan gerakan atau ekspresi wajah yang menghina dan bersifat seksual
  • Menatap tubuh seseorang
  • Bentuk pelecehan seksual sebenarnya ada banyak. Akan tetapi, tingkat keparahannya pun bervariasi. Meskipun terlihat sepele, pelecehan seksual yang terjadi berulang kali tentu dapat memengaruhi kondisi psikologis Anda.

Jika Anda ragu apakah hal tersebut termasuk pelecehan atau tidak, silakan bertanya kepada diri sendiri berapa kali hal tersebut terjadi. Jangan takut untuk menceritakannya kepada orang lain untuk meminta masukan dari mereka.

Mempunyai atasan yang buruk

Lingkungan pekerjaan yang buruk juga dipengaruhi oleh atasan yang semena-mena dengan bawahannya. Misalnya, di akhir pekan, atasan Anda masih tetap menghubungi dan mengganggu untuk menanyakan soal pekerjaan, bahkan memaksa Anda untuk mengerjakan sesuatu. Memiliki atasan yang seperti itu juga dapat menjadi salah satu tanda Anda berada di lingkungan kerja yang buruk.

Populer video

Berita lainnya