Cara Membersihkan Kulit Berminyak agar Bebas Jerawat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kesalahan dalam mencuci wajah
Foto: Istimewa

Celebrithik.com – Bagi pemilik kulit berminyak, membersihkan wajah menjadi ritual penting dalam melakukan perawatan kulit. Hanya saja, jika tidak dilakukan dengan tepat, bukan tidak mungkin membuat minyak di wajah semakin banyak. Lantas, bagaimana cara yang tepat?

Dalam membersihkan kulit berminyak, pastikan Anda mengikuti setiap langkahnya dengan baik. Dengan begitu, hal ini bisa membantu secara optimal dalam mengendalikan produksi minyak (sebum) berlebih. Melansir laman helloSEHAT, berikut cara yang bisa Anda coba.

Pastikan kulit memang berminyak

Minyak berlebih pada wajah tidak hanya dialami orang dengan tipe kulit berminyak. Kulit kombinasi juga bermasalah dengan penumpukan minyak wajah di area T-zone (hidung dan sekitar dahi). Untuk mengetahui tipe kulit Anda, usapkan tisu penyerap minyak pada wajah setelah Anda cuci muka dengan air dan sabun.

Jika memiliki kulit berminyak, tisu akan basah sekalipun Anda telah mengeringkan muka. Sebaliknya, tisu yang tetap kering menunjukkan Anda memiliki tipe kulit kering. Apabila tisu basah hanya saat mengusap hidung, Anda mempunyai kulit kombinasi.

Memilih pembersih yang cocok

Biasanya, sabun pembersih ini mengandung bahan aktif asam salisilat. Anda bisa menggunakan produk pembersih yang bebas lilin dan minyak sehingga tidak memperparah kondisi kulit berminyak.

Jika kulit Anda berminyak dan sensitif, sebaiknya Anda menghindari produk yang dengan parfum. Hindari pula penggunaan scrub yang kasar agar kulit tidak iritasi bahkan terluka. Selain itu, pastikan pula sabun mampu menghilangkan kotoran, keringat, dan minyak berlebih tanpa mengiritasi atau membuat kulit kering dan terasa tertarik.

Suhu air yang tepat

Mungkin banyak yang beranggapan mencuci muka dengan air panas merupakan cara yang tepat untuk kulit berminyak. Air panas dipercaya bisa membantu membersihkan semua kotoran, debu, dan minyak yang menempel di kulit selama seharian. Padahal, hal ini tidaklah tepat.

Air panas justru dapat membuat kulit terlalu kering. Kulit yang terlalu kering malah rentan mengalami dehidrasi. Alih-alih menggunakan air panas, pakailah air dengan suhu hangat alias suam-suam kuku untuk membersihkan kulit berminyak. Air hangat membantu mengurangi kotoran dan minyak berlebih tanpa membuat kulit terasa kering.

Agar proses membersihkan wajah lebih optimal, pijat wajah dengan lembut dengan pembersih wajah selama kurang lebih 30 detik. Lalu, bilas dengan air hangat.

Cuci muka secukupnya

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia menyarankan pemilik kulit berminyak untuk membersihkan wajah dengan sabun setidaknya 2-3 kali sehari. Waktu yang tepat untuk mencuci muka adalah pada pagi, malam, dan setelah berkeringat. Namun, jangan terus-menerus membersihkan muka. Terlalu sering mencuci muka dapat menyebabkan kulit menjadi terlalu kering dan lagi-lagi memicu minyak berlebih.

Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang terjebak dan menyumbat pori-pori. Bila ingin melakukan eksfoliasi dengan toner, Anda bisa mengaplikasikannya pada kapas. Sebaiknya, pilih bahan eksfoliasi dengan asam salisilat. Lakukan eksfoliasi dengan toner setelah Anda mencuci muka dengan sabun.

Populer video

Berita lainnya