Jokowi Pulang ke Solo setelah Lengser

by Instagram

Presiden Jokowi sudah mulai mempersiapkan langkah selanjutnya setelah masa baktinya berakhir pada 20 Oktober 2024. Ketika ditanya apa yang akan dilakukannya setelah lengser dari kursi presiden, Jokowi menjawab dengan nada santai dan sedikit humoris, “Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo. Tidur dulu,” ujar Jokowi saat menghadiri acara BNI Investor Daily Summit di Jakarta. Jokowi memang terkenal dengan gaya bicaranya yang sederhana dan rendah hati, bahkan dalam menghadapi pertanyaan seputar masa depannya.

Solo, kampung halaman Jokowi, adalah tempat yang sangat berarti bagi dirinya. Kota ini bukan hanya menjadi saksi perjalanan karier politik Jokowi yang dimulai sebagai Wali Kota, tetapi juga menjadi tempat ia ingin menghabiskan masa pensiunnya. Pemerintah tengah membangun sebuah rumah pensiun untuk Jokowi di Karanganyar, Solo. Rumah yang berdiri megah di atas lahan seluas 12 ribu meter persegi ini terletak di kawasan yang dipilih langsung oleh Jokowi.

Tak heran jika Jokowi memilih Solo sebagai tempat kembali. Selain karena nostalgia dengan tanah kelahirannya, kota ini mungkin memberikan ketenangan yang ia butuhkan setelah bertahun-tahun berada di pusat panggung politik nasional. Solo adalah simbol akar Jokowi sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat, dan kepulangannya ke sana mungkin akan memberinya kesempatan untuk menikmati kehidupan yang lebih sederhana dan damai.

Selain beristirahat, Jokowi juga menyebut kemungkinan ia akan hadir mendampingi Prabowo saat pelantikan presiden berikutnya. Hal ini menunjukkan kedekatan dan peran simbolis Jokowi sebagai pemimpin yang tetap terlibat, meski masa jabatannya telah usai.

Populer video

Berita lainnya