Tim Gamaforce UGM siap bertanding di Technofest Turki dan KRTI 2024

gamaforce, ugm

Tim Gadjah Mada Flying Object Research Centre (Gamaforce) yang terdiri dari 120 mahasiswa akan bertanding pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) di Lanud Gading, Gunung Kidul, DI Yogyakarta yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 19 September. Kategori yang akan diikuti oleh tim Gamaforce meliputi pesawat sayap tetap (Fixed Wing), Technology Development, dan Long Endurance Low Altitude (LELA), pesawat balap (Racing Plane), lepas landas dan mendarat vertikal (Vertical Take Off Landing), pengembangan teknologi (Technology Development), dan low-altitude long-endurance (LELA).

Selain itu, tim Gamaforce mengirimkan tujuh mahasiswanya pada kategori kompetisi Fighter UAV (Unmanned Aerial Vehicle) di Technofest Turki. Turnamen ini akan diadakan pada tanggal 12 hingga 18 September 2024 di Adana, Turki. Untuk mengikuti kedua kompetisi tersebut, tim Gamaforce UGM telah melakukan persiapan sejak Januari 2024 berupa penelitian, pengembangan, dan pendanaan.
Tim Gamaforce juga meluncurkan enam kendaraan baru, termasuk drone Fixed Wing bernama Ashwincarra, yang disiapkan untuk kompetisi Technofest Turki.

“Harapan dan target kami adalah untuk mempertahankan juara umum pada Kompetisi Robot Terbang Indonesia dan memenangkan Fighter UAV Competition di Technofest Turkey.
Oleh karena itu, kami mohon dukungan, motivasi dan doa restu untuk mensukseskannya berkahilah kami,” kata Ketua Umum Gamaforce Dimas Gilar Pratama Putra saat berpidato di Balarung, Kamis (5/9) lalu.

Sejak berdiri pada tahun 2015, Gamaforce UGM telah tujuh kali meraih gelar juara umum KRTI dan meraih juara ketiga pada kompetisi Technofest Turkey tahun lalu. Tim Gamaforce akan kembali mempertahankan kemenangan keseluruhannya di KRTI untuk kedelapan kalinya dan memenangkan Technofest Türkiye sebagai target. “Saya berharap Gamaforce dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan lebih lanjut teknologi dirgantara Indonesia,” kata Prof. Dr. Ir. Sugeng Sapto Surjono, S.T., M.T., selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik UGM.

Dalam kesempatan itu, Gamaforce UGM melakukan doa bersama dan pemotongan pita sebagai bentuk simbolis peresmian tim yang akan berlaga di kompetisi nasional dan internasional pada Kamis (5/9). Selain pihak kampus, Gamaforce juga didukung oleh pihak-pihak eksternal sebagai mitra seperti Kagama, BTN, BNI, BRI, Access by KAI, Frogs Indonesia, Plaza Ambarukmo, PT Angkasa Pura II, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia, dan masih banyak lagi.

Pada pelepasan tim Gamaforce yang akan bertanding di ajang nasional dan internasional dihadiri pula Sekretaris Direktur Kemahasiswaan UGM Dr. Hempri Suyatna, Sekjen PP KAGAMA Dr. A.A.G.N. Ari Dwipayana, M.Si., dan sejumlah perwakilan dari mitra. Para kesempatan ini Dr. Ari Dwipayana, M.Si menyatakan pentingnya kemitraan dari beberapa pihak. “Kampus harus banyak bermitra dengan dunia industri, pemerintah, dan stakeholder lain untuk mencapai manfaat bagi bangsa dan negara”, ujar dosen senior yang juga menjabat Staf Khusus Presiden Bidang Khusus Komunikasi ini.

GAMAFORCE (Gadjah Mada Flying Object Research Center) adalah tim robot terbang dari Universitas Gadjah Mada yang telah menunjukkan prestasi luar biasa di kompetisi nasional dan internasional. Tim ini akan berpartisipasi dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) pada 12-19 September 2024 dan TEKNOFEST di Adana, Turki, pada September 2024. GAMAFORCE telah memenangkan KRTI secara keseluruhan selama tujuh tahun (2015, 2016, 2017, 2018, 2021, 2023) dan menjadi satu-satunya tim dari Asia yang berhasil meraih kemenangan di Tübitak International UAV Competition di Ankara, Turki.

Dengan pengalaman yang kaya dan prestasi yang mengesankan, GAMAFORCE terus menjadi salah satu tim terdepan dalam pengembangan teknologi robot terbang di Indonesia. Partisipasi mereka di berbagai ajang internasional menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas teknologi penerbangan, sekaligus membawa nama baik Indonesia di kancah dunia.

Populer video

Berita lainnya