Ini Penyebab Uban Muncul di Usia Muda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Uban Muncul di Usia Muda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Munculnya uban kerap dikaitkan dengan bertambahnya usia. Namun terkadang, uban hadir lebih dini meski usia anda terbilang masih muda. Mungkin bagi sebagian masyarakat menganggap uban sebagai pertanda seseorang sudah mulai menua. Faktanya anda yang masih muda pun bisa ubanan. Dilansir dari laman klikdokter, ini penyebab muncul uban di usia muda.

Faktor keturunan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada tahun 2013, uban yang muncul lebih dini dapat dikaitkan dengan faktor genetik atau keturunan.

Stres

Stres bisa menjadi pemicu munculnya uban di usia muda. Di masyarakat berkembang, mitos orang yang beruban di usia dini menandakan banyak masalah atau stres. Namun faktanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan New York University di Amerika Serikat dan dipublikasikan di jurnal Nature Medicine, ditemukan bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika Anda sedang stres.

Kekurangan vitamin tertentu

Kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D atau vitamin E dapat menyebabkan uban timbul lebih dini. Sebuah penelitian pada 2016 yang dipublikasikan di International Journal of Trichology menemukan bahwa kadar serum ferritin, vitamin B12 dan kolesterol HDL pada responden di bawah usia 25 tahun yang beruban cenderung lebih rendah. Dalam studi lain juga menyebutkan kekurangan vitamin D3 dan vitamin B12 dapat menyebabkan rambut beruban.

Merokok

Tak hanya dapat menyebabkan risiko penyakit jantung, kanker, stroke, ataupun hipertensi, kebiasaan merokok juga dapat memicu uban muncul lebih cepat. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Italian Dermatology Online Journal pada tahun 2013, disebutkan bahwa perokok berisiko 2,5 kali lebih tinggi timbul uban sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Kondisi medis tertentu

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, gangguan fungsi tiroid juga bisa menyebabkan uban muncul di usia muda. Selain itu, kondisi vitiligo juga dapat membuat rambut menjadi putih karena kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam pewarnaan rambut.

Efek penggunaan produk rambut

Hati-hati dalam memilih produk pewarna rambut, sampo dan produk lainnya karena dapat menjadi penyebab munculnya uban lebih dini. Sebab, beberapa produk ini bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya yang berisiko mengurangi produksi melanin dan menyebabkan rambut beruban.

Hidrogen peroksida yang biasanya terdapat pada produk pewarnaan rambut, merupakan salah bahan kimia yang dapat menyebabkan uban timbul lebih dini bila digunakan secara berlebihan.

Penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga bisa menyebabkan rambut putih prematur. Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Pada kasus alopesia dan vitiligo, sistem imun dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

Neurofibromatosis

Sementara penyebab munculnya uban lebih dini yang satu ini merupakan bawaan sejak lahir. Kelompok penyakit bawaan ini menyebabkan tumor tumbuh di sepanjang saraf sehingga perkembangan tulang dan kulit yang tidak normal.

Populer video

Berita lainnya