Ini yang Perlu Diperhatikan saat Ingin Memulai Hal Baru

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Memulai Hal Baru
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Situasi yang masih tidak menentu akibat pandemi seperti sekarang ini memicu timbulnyan stres dan rasa jenuh. Betapa tidak. Banyak orang yang terpaksa dirumahkan karena kondisi perekonomian yang kurang baik. Belum lagi perubahan hidup yang terjadi, demi memutus rantai penyebaran virus.

Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasi keadaan tersebut, salah satunya adalah dengan menggali atau mencoba minat baru. Dengan memulai atau mengembangkan hobi yang bermanfaat, cara tersebut juga diyakini dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman di tengah situasi yang kurang kondusif.

Secara psikologis, otak manusia cenderung berusaha melawan kejenuhan dan mendorong diri untuk terus aktif. Itu sebabnya, mengeksplorasi hal baru bisa menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kreativitas sehingga dapat menggantikan pikiran-pikiran negatif. Agar momen eksplorasi jadi makin seru, berikut tiga hal utama yang perlu diperhatikan saat ingin memulai hal baru.

Konsisten menikmati proses

Ketika ingin memulai hal baru, kita harus sadar betul dan memasang mindset bahwa tidak ada proses yang instan. Oleh karena itu, penting untuk mengapresiasi setiap progres kecil yang telah dicapai dan menyikapi jatuh bangun dengan pikiran yang lebih terbuka.

Kelilingi diri bersama orang dengan minat yang sama

Ketika memiliki teman dengan minat yang sama, Anda akan lebih terpacu untuk tetap gigih karena dapat saling menyemangati dan mengingatkan satu sama lain. Selain itu, mengerjakan sesuatu bersama teman dapat meminimalisir perasaan kesepian yang sering muncul akibat pandemi.

Mulai bergerak dari hal sederhana

Keluar dari zona nyaman bisa menjadi tantangan tersendiri. Terkadang kita menjadi enggan untuk mencoba hal baru karena terlalu banyak memikirkan hal-hal lain yang belum tentu terjadi. Alih-alih menargetkan perubahan yang jauh di luar kebiasaan, mulailah dari langkah kecil terlebih dahulu.

Populer video

Berita lainnya