Mahasiswa Baru Papua Viral karena Alasan Pilih Jurusan

Pict by TikTok

Sebuah video perkenalan mahasiswa baru asal Papua bernama Leonard Madai viral di TikTok. Video tersebut mendapat banyak perhatian karena alasan unik Leonard dalam memilih jurusan pendidikan di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Papua.

Video singkat berdurasi 55 detik ini berhasil menyentuh hati banyak orang. Leonard, yang juga dipanggil Amoye, memperkenalkan dirinya dalam video tersebut. “Assalamualaikum wr.wb, perkenalkan nama saya Leonard Madai, nama panggilan Amoye, tempat tanggal lahir 27 April 2006. Saya berasal dari Provinsi Papua Tengah, Kabupaten Panjai, Distrik Panjai Barat, Desa Tepakopi,” ucap Leonard dalam perkenalannya.

Setelah memperkenalkan dirinya, Leonard menjelaskan latar belakang pendidikannya. Dia adalah lulusan SMA Negeri 1 Panjai Timur. Kini, dia resmi menjadi mahasiswa baru di Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga, Jurusan Bahasa Indonesia di UNIMUDA Sorong.

Alasan Leonard memilih jurusan pendidikan sangat sederhana namun mendalam. “Alasannya, di kampung saya tidak ada guru, jadi saya daftar untuk menjadi guru,” jelasnya dalam video tersebut. Kalimat ini membuat banyak orang tersentuh, terutama karena kesederhanaan niatnya.

Sejak diunggah, video Leonard telah ditonton lebih dari 1,7 juta kali hingga Jumat (6/9). Video itu pun menuai banyak komentar positif dari warganet yang merasa terinspirasi oleh niat tulus Leonard. Banyak yang mendoakan agar Leonard sukses dan dapat mewujudkan cita-citanya.

“Semangat kuliahnya ya, tulus banget kamu dek,” tulis salah satu pengguna TikTok. “Semoga kamu jadi orang hebat, mendengar ceritamu benar-benar menginspirasi,” komentar pengguna lain. Banyak yang berharap agar Leonard terus diberi kesehatan dan kelancaran dalam menempuh pendidikannya.

Dengan viralnya video ini, Leonard berhasil membuktikan bahwa niat tulus bisa menginspirasi banyak orang. Kisahnya menjadi pengingat betapa pentingnya pendidikan, terutama di daerah-daerah yang kekurangan tenaga pengajar.

Populer video

Berita lainnya