Hindari Duduk Terlalu Lama, Ketahui Manfaat Berdiri bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bekerja Sambil Berdiri
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi Anda para pekerja kantoran, luangkan waktu sejenak untuk berdiri. Sebab, duduk terlalu lama atau sedentary lifestyle, bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Berdiri sejenak dan berkala dari posisi duduk bisa bermanfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat berdiri bagi kesehatan? Melansir laman sehatQ, berikut ulasannya.

Menurunkan risiko penyakit kronis

Duduk terlalu lama sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung. Sebuah penelitian dalam Medicine Science Sports Exercise menyatakan bahwa mengganti posisi duduk dan berdiri setiap 30 menit ketika bekerja bisa mengurangi lonjakan gula darah hingga 11,1%. Lonjakan gula darah sendiri dapat menyebabkan penyakit diabetes, khususnya tipe 2.

Membakar lebih banyak kalori

Salah satu manfaat berdiri adalah membakar lebih banyak kalori daripada posisi duduk lama. Saat berdiri, memungkinkan Anda untuk menggerakkan tubuh lebih aktif dan membakar kalori lebih banyak. Bahkan, berdiri selama 6 jam sehari bisa membakar 50 kalori lebih banyak daripada duduk dalam waktu yang sama.

Menurunkan risiko obesitas

Posisi berdiri bisa menurunkan risiko obesitas dibandingkan dengan posisi duduk lama. Obesitas berkaitan dengan jumlah kalori yang masuk lebih tinggi daripada yang dibakar. Sebuah penelitian menyatakan, peningkatan risiko obesitas atau kelebihan berat badan terjadi pada pria yang duduk terlalu lama di tempat kerja.

Melancarkan peredaran darah

Berdiri sejenak setelah duduk terlalu lama juga bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar berkaitan dengan metabolisme tubuh yang baik dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurunkan risiko sakit punggung

Ketika duduk lama, Anda umumnya hanya bergerak menggunakan sedikit otot sehingga mengalami berbagai tekanan pada persendian. Ini bisa menimbulkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh, seperti punggung, leher, dan tulang belakang. Dengan berdiri, akan lebih banyak otot yang bekerja sehingga mengurangi tekanan pada persendian serta mengurangi nyeri punggung yang disebabkan duduk terlalu lama.

Membuat postur tubuh lebih baik

Posisi berdiri memungkinkan Anda menggunakan semua otot postural dan melibatkan inti tubuh. Ini bisa mencegah kelemahan otot dan mengurangi tekanan pada persendian. Posisi berdiri juga menghindari Anda dari posisi duduk yang kurang baik seperti bersandar yang bisa menyebabkan gangguan pada bentuk tulang belakang atau skoliosis.

Meningkatkan energi dan suasana hati

Bekerja sambil duduk lama juga sering dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi dan kecemasan. Penggunaan standing desk atau bekerja sambil berdiri terbukti mampu menurunkan risiko stres dan kelelahan, sekaligus meningkatkan suasana hati dan tingkat energi.

Meningkatkan produktivitas

Bekerja sambil berdiri bisa meningkatkan suasana hati yang baik dan energi yang meningkat selama bekerja. Dengan begitu, produktivitas Anda dalam bekerja juga aka meningkat.

Menurunkan risiko kematian di usia muda

Memiliki sedentary lifestyle atau gaya hidup kurang aktif seperti duduk terlalu lama pun sering dikaitkan dengan kematian di usia muda. Ini berkaitan dengan peningkatan faktor risiko seperti obesitas, penyakit kronis, dan stres.

Populer video

Berita lainnya