Ajax Melaju ke Fase Grup Liga Europa dengan Kemenangan Meyakinkan

Pict by Instagram

Ajax Amsterdam berhasil mengalahkan Jagiellonia Bialystok dengan skor 3-0 di Johan Cruijff ArenA pada laga leg kedua play-off Liga Europa UEFA. Kemenangan ini memastikan Ajax melaju ke fase grup kompetisi tersebut. Gol-gol Ajax dicetak oleh Kian Fitz-Jim, Kenneth Taylor, dan Brian Brobbey.

Dalam pertandingan ini, Ajax bermain tanpa gelandang kreatif mereka, Steven Berghuis, yang absen karena cedera selama empat minggu. Steven Bergwijn bermain di sayap kiri, menggantikan peran Berghuis. Ajax sudah unggul 3-0 di leg pertama, setelah sebelumnya menang 4-1 di Polandia.

Seperti pertandingan pertama, Ajax tampil dominan dan menunjukkan level permainan yang lebih tinggi dari Jagiellonia. Tim asal Polandia bahkan tidak mampu menciptakan umpan akurat di area pertahanan Ajax selama 20 menit pertama pertandingan.

Meski demikian, Jagiellonia tampil solid dalam bertahan, membuat Ajax kesulitan menciptakan peluang. Pada menit ke-38, serangan cepat Ajax hampir menghasilkan gol. Bergwijn memiliki peluang emas setelah menerima umpan backheel cerdas dari Kenneth Taylor, namun tendangannya masih bisa ditepis oleh kiper Bialystok, Max Stryjek.

Ajax akhirnya memecah kebuntuan dua menit sebelum babak pertama berakhir. Nene kehilangan bola di lini tengah, memberi peluang bagi Ajax untuk melancarkan serangan balik. Bergwijn menggiring bola sebelum mengoper kepada Kian Fitz-Jim, yang kemudian mencetak gol lewat tembakan ke sudut gawang.

Pada menit ke-64, Ajax menggandakan keunggulan melalui gol yang terencana dengan baik. Brian Brobbey menerima bola dan mengoper dengan sempurna kepada Jordan Henderson yang berada satu lawan satu dengan kiper. Namun, Henderson memilih memberikan bola kepada Kenneth Taylor yang menyelesaikan peluang dengan mudah.

Gol ketiga Ajax terjadi saat pertandingan menyisakan kurang dari 20 menit. Taylor membawa bola hingga ke garis akhir sebelum memberikan umpan kepada Brobbey, yang kemudian mencetak gol dengan sentuhan tubuhnya. Brobbey hampir mencatatkan assist tambahan pada menit ke-76. Dia mengirim umpan silang kepada Bertrand Traore, namun sayangnya tendangan Traore hanya membentur tiang gawang.

Suasana di Johan Cruijff ArenA sangat meriah saat Ajax memastikan kemenangan dengan nyaman. Mereka akan mengetahui lawan-lawan mereka di fase grup Liga Europa dalam undian yang akan dilakukan pada hari Jumat pukul 12:30 siang.

Populer video

Berita lainnya