PSSI Pilih Indra Sjafri Gantikan Shin Tae-yong, Begini Jawaban Erick Thohir

Foto: PSSI

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akhirnya buka suara soal kemungkinan Indra Sjafri menggantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024. PSSI dihadapkan pada situasi sulit pada akhir tahun ini karena Timnas Indonesia akan menghadapi dua event penting dalam waktu yang cukup berdekatan. Timnas Indonesia akan mengikuti Piala AFF 2024 pada November 2024 mendatang dan berlaga di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pada November mendatang, skuad Garuda akan tampil di fase grup Piala AFF melawan Myanmar (24/11), Laos (27/11), dan terakhir Vietnam (30/11).

Namun, pada bulan yang sama, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan juga akan bertanding di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Jepang (14/11) dan Arab Saudi (19/11). Dengan waktu yang berdekatan itu, muncul wacana bahwa PSSI harus membuat dua Timnas Indonesia. Satu berlaga di Piala AFF, dan satu lagi bertarung di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Situasi ini membuat Timnas Indonesia harus memiliki dua pelatih berbeda. Akan cukup sulit untuk membagi konsentrasi agar kedua tim bisa tampil maksimal. Awalnya, muncul dorongan dari netizen agar Nova Arianto diberikan tugas untuk memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF. Dia dianggap sudah memahami gaya bermain Shin Tae-yong (STY) karena telah menjadi asisten sejak 2020.

Selain itu, Nova juga dinilai sukses membangun Timnas Indonesia U-16 yang meraih peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024. Meski gagal juara, permainannya dianggap mirip dengan Shin Tae-yong. Belakangan, Indra Sjafri juga menjadi sorotan karena berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 2024. Ini merupakan gelar keempatnya sejak menangani Timnas Indonesia junior.

Terkait dorongan Indra Sjafri untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF, Erick Thohir akhirnya buka suara. Dia mengungkapkan bahwa pelatih Timnas Indonesia sudah punya tugasnya masing-masing.

“Kami sudah bagi, bahwa sudah ada Coach Nova yang kemarin membawa U-16 (peringkat 3 Piala AFF U-16) dengan waktu tiga bulan membawa hasil yang baik. Ketika lawan Vietnam menang 5-0,” ujar Erick di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (29/7).

“Coach Indra fokus di U-20, Coach Shin Tae-yong fokus di senior dan U-23,” tambah Menteri BUMN tersebut. Erick menjelaskan PSSI sudah memasang pelatih di masing-masing tim nasional dengan target yang harus dicapai. Masing-masing pelatih pun, lanjut dia, ada persaingan.

“PSSI punya pilihan pelatih, dan setiap pelatih punya target masing-masing dan bersaing masing-masing, jadi bukan hanya pemain tapi pelatih pun saling bersaing,” katanya.

Dengan demikian, Indra Sjafri akan tetap fokus pada tugasnya di Timnas U-20, sementara Shin Tae-yong akan tetap memimpin Timnas senior dan U-23. Nova Arianto, yang sebelumnya sukses dengan Timnas U-16, kemungkinan besar akan diberi tanggung jawab untuk memimpin Timnas di Piala AFF 2024.

Populer video

Berita lainnya