Tips Mengubah Baju Lama Jadi Keren

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
https://akcdn.detik.net.id/visual/2022/04/26/ilustrasi-upcycling-fashion_169.jpeg?w=400&q=90

Mengubah baju lama dengan cara upcycle bisa memberikan nuansa baru. Malalui skema upcycle tidak hanya memberikan nuansa baru, tapi juga turut mengurangi dampak lingungan dari pembelian baju baru setiap tahunnya. Ya, dengan mengubah baju lama menjadi baru, kita dapat mengurangi jumlah limbah tekstil.

Upcycle sendiri mengandalkan kreativitas dari yang paling mudah hingga yang paling rumit untuk menyulap baju lama. Sepeti memberi detail lace, sequin, atau border yang bisa memunculkan kesan fresh dan catik. Selain itu dengan memadupadankan bersama aksesoriss seperti pin, scraf, atau tas juga bisa dilakukan.

Berikut tips-tips mengubah baju lama menjadi keren:

1. Mengubah Model Pakaian

Memanfaatkan baju lama yang sudah tidak dipakai lagi dengan cara merubah modelnya sesuai dengan selera. Misalnya, baju kebaya yang sudah ketinggalan zaman bisa diubah menjadi blouse yang lebih trendy atau dipadukan dengan rok atau celana yang baru. Dengan begitu, baju lama akan terlihat lebih segar dan up to date. Mengubah model baju lama adalah salah satu cara yang mudah dan murah untuk mendaur ulang baju.

2. Tambahkan Aksen Baru

Memberikan sentuhan baru pada pakaian yang telah lama dimiliki dengan menambahkan detail-detail menarik merupakan strategi yang efektif untuk mengubah tampilan mereka. Contohnya, bisa dengan menempelkan payet, membuat bordir, atau menambahkan sulaman pada bagian-bagian tertentu dari pakaian. Tidak hanya akan membuat pakaian terlihat segar, tetapi juga memberikan kesan unik dan berbeda dari yang lain. Mengaplikasikan detail baru pada pakaian yang sudah dimiliki adalah metode yang sederhana namun efektif untuk menghidupkan kembali pakaian tersebut. Berbagai macam detail favorit dapat ditemukan di toko-toko lokal maupun daring dengan harga yang terjangkau.

3. Padukan dengan Aksesoriss

Dengan menggunakan aksesoriss yang tepat, seperti kalung, anting-anting, atau syal dapat memberikan sentuhan segar pada pakaian yang sudah dimiliki tanpa perlu menghabiskan banyak uang. Kombinasi antara pakaian yang sudah dimiliki dengan aksesoriss adalah salah satu metode yang praktis dan mengasyikkan untuk memperbarui pakaian. Menggunakan aksesoriss yang sudah dimiliki atau membeli yang baru dengan harga yang terjangkau. Selain itu, bisa juga dengan bereksperimen dengan berbagai macam aksesoriss untuk menciptakan variasi tampilan yang menarik.

4. Kreatif dengan DIY

Memanfaatkan potongan kain dari pakaian lama untuk membuat aksesoriss baru, seperti bros atau bandana. Dengan menggunakan imajinasi dan kreativitas dapat menciptakan tampilan baru dan unik untuk pakaian lama tanpa harus menghabiskan banyak uang. Membuat aksesoris baru dari pakaian yang sudah lama adalah salah satu cara yang inovatif dan menghibur untuk mendaur ulang pakaian tersebut. Menciptakan aksesoris yang indah dan berguna dari potongan kain yang tidak terpakai lagi. Selain itu, bisa juga menyesuaikan bentuk, ukuran, dan warna aksesoris sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

Sumber

Kausar, V. A. (2024, Maret 3). Lifestyle. Retrieved from Fimela: https://www.fimela.com/lifestyle/read/5536238/menyulap-baju-lama-jadi-keren-4-tips-mengubah-dan-mendaur-ulang-pakaian-lebaran?page=3

Populer video

Berita lainnya