Biasakan Positive Self Talk dan Rasakan Manfaatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Percaya Diri
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tanpa disadari, setiap orang pernah berbicara dengan diri sendiri. Namun, hal yang diutarakan sering kali berupa kalimat negatif dan jelek mengenai diri sendiri, yang biasanya berasal dari pemikiran negatif.

Jika dibiarkan, kebiasaan ini akan mengganggu mood. Untuk itu cobalah biasakan melakukan positive talk, yakni berdialog dengan diri sendiri menggunakan kalimat positif. Sebab, kebiasaan ini terbukti memiliki peran yang besar terhadap produktivitas dan kehidupan sehari-hari.

Orang yang terbiasa melakukan positive self talk cenderung bisa konsentrasi dan memiliki memori yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Melansir laman Alodokter, ini ragam manfaat positive talk yang bisa dirasakan.

Membantu melihat sisi positif suatu peristiwa

Positive self talk bukan berarti membohongi diri sendiri. Cara ini justru dilakukan agar seseorang terbiasa untuk melihat segala peristiwa dari sudut pandang positif. Percakapan ini dapat membantu belajar untuk menerima kesalahan dan memaafkan diri.

Ke depannya, Anda bisa belajar dari kesalahan ini dan memperbaiki diri agar menjadi lebih baik, bukannya berhenti di tempat dan menyesali apa yang sudah terjadi. Bisa dikatakan, cara ini akan membuatmu berpikir positif dalam segala kondisi.

Membangun kekuatan mental

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang melakukan positive self talk cenderung lebih tabah dan kuat secara mental, sehingga tidak mudah terkena gangguan cemas, stres, dan depresi.

Selain itu, orang dengan mental yang kuat juga akan mampu berpikir secara jernih dalam menghadapi kesulitan atau tantangan yang dialami. Hal ini membuat mereka tidak mudah terpuruk ketika mendapatkan cobaan.

Meningkatkan kualitas hidup

Membiasakan diri melakukan positive self talk bisa membuat hidup menjadi lebih berkualitas. Setelah rutin melakukan hal ini, Anda menjadi lebih percaya diri dan menghargai diri sendiri. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membantumu menumbuhkan rasa optimis, harapan, serta kedamaian dalam dirimu di berbagai situasi.

Menjaga kesehatan fisik secara keseluruhan

Positive self talk juga berdampak baik untuk kesehatan fisik. Kebiasaan ini membuat tubuh menjadi lebih bugar dan mencegah terkena penyakit kardiovaskular. Ini karena positive self talk dapat menenangkan pikiran dengan lebih baik, sehingga tekanan darah pun lebih stabil dan terkontrol. Selain itu, daya tahan tubuh juga bisa lebih kuat dengan sering melakukan positive self talk.

Meningkatkan percaya diri

Positive self talk akan berdampak baik pada rasa percaya diri seseorang. Rutin melakukan cara ini akan meningkatkan rasa percaya diri, sehingga Anda lebih semangat dan termotivasi melakukan sesuatu. Positive self talk juga bisa membuatmu lebih mencingai diri sendiri.

Populer video

Berita lainnya