Jika Musik Membuatmu Merinding, Bisa Jadi Kamu Orang yang Cerdas Secara Emosional

pic by: canva.com

Jika musik membuat anda merinding atau merinding dan membantu anda terhubung dengan diri sendiri lebih dalam, maka anda adalah orang yang unik dan otak anda mungkin istimewa. Musik memiliki dampak yang besar pada otak kita, itulah sebabnya terkadang membuat kita bahagia, terkadang sedih, merenung, terkadang kita merasa terasing, dan terkadang kita mengalami sensasi fisik seperti tenggorokan tercekat.

Apa penyebab mengalami emosi yang begitu kuat? Mattew Sachs, mempelajari psikologi dan ilmu saraf di Institut Otak dan Kreativitas USC. Dia mengerjakan berbagai proyek yang melibatkan musik, emosi, dan otak. Sachs melakukan penelitian di University of Southern California, terhadap orang-orang yang mendapatkan sensasi dari mendengarkan musik dan meneliti bagaimana berbagai sensasi dipicu di dalam tubuh. Dari 20 partisipan, hanya 10 partisipan yang mengaku merinding saat mendengarkan musik, sedangkan 10 partisipan lainnya tidak merasakan sensasi tersebut. Studi ini dipublikasikan di Oxford Academic.

Ketika pemindaian otak para peserta ini diambil dan dibandingkan untuk melihat dampak musik dan perbedaan sensasi yang dipicu pada para peserta ini. Hasilnya menunjukkan bahwa struktur sel otak orang yang merasakan sensasi saat mendengarkan musik berbeda dengan mereka yang tidak merasakan sensasi apa pun. Dan diamati bahwa orang yang merasakan sensasi saat mendengarkan musik yang luar biasa adalah mereka yang memiliki keterikatan fisik dan emosional terhadap musik.

Mereka yang tidak membuat keterikatan seperti itu memiliki tipe struktur sel otak yang berbeda. Yang pertama memiliki volume serat yang padat di sel-sel otak, yang membantu mereka berkomunikasi secara efisien. Pasalnya, serat tersebut membentuk koneksi saraf dan jalur antara area yang memproses emosi dan korteks pendengaran. Jadi, semakin banyak seratnya, semakin besar efisiensi antara dua wilayah.

Oleh karena itu, orang-orang yang merinding karena mendengarkan lagu-lagu yang luar biasa memiliki daya penerimaan yang tinggi dan sangat peka terhadap emosi. Singkatnya, merinding saat mendengarkan musik berarti anda memiliki peningkatan kemampuan untuk merasakan emosi yang intens. Alasan lain mengapa musik membuat anda merinding adalah karena lagu tertentu mengingatkan anda pada kenangan seseorang, kejadian, atau apa pun yang terkait dengannya.

Sachs fokus mengeksplorasi lebih jauh aktivitas otak orang yang mendengarkan musik dan mendapatkan sensasi berbeda. Dia belum menemukan penyebab perubahan aktivitas neurologis dan apakah hal itu dapat membantu dalam mengobati orang dengan gangguan mental. Penelitian ini dilakukan dalam skala kecil dan terutama berfokus pada ion korteks pendengaran, namun membuka pintu untuk penelitian lebih dalam mengenai dampak musik pada otak manusia.

Populer video

Berita lainnya