Umi Pipik Berkomentar Mengenai Pengkremasian Jenazah Dali Wassink dalam Pandangan Islam

Foto: IG: @_ummi_pipik_

Umi Pipik memberikan pandangannya tentang pengkremasian jenazah Dali Wassink, suami Jennifer Coppen, yang menjadi sorotan publik. Dalam Islam, praktek pengkremasian tidak dianjurkan karena terdapat tata cara khusus dalam mengurus jenazah, yaitu memandikan, mengkafani, menshalatkan, dan menguburkannya.

“Itu kan memang dalam Islam, memang tidak boleh, ya ada hukumnya,” ujar Umi Pipik saat ditemui di Kawasan Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

“Maksudnya dalam Islam memang harus dimakamkan, dikafani, dimandikan, disalatkan, dimasukkan dalam kubur,” katanya menambahkan.

Umi Pipik berharap Jennifer memahami prosedur Islam dalam pengurusan jenazah. Meskipun Dali berasal dari keluarga non-Muslim, Umi Pipik berasumsi bahwa Jennifer mungkin menghadapi kesulitan dalam membahas hal tersebut secara terbuka.

“Saya baik sangkanya begini, saya melihat bahwa mereka pasangan muda, tahu lah pasti Islam harus dimakamkan. Tapi kan di sini kita tahu mereka hidup di lingkungan yang keluarga Dali, itu bukan Muslim, non-Muslim. Mungkin di satu sisi Jennifer tidak punya usaha mengungkapkan, akhirnya ya sudah itu, lebih diserahkan ke keluarga,” ungkap Umi Pipik.

Umi Pipik percaya bahwa Allah Maha Mengetahui segala hal tentang hamba-Nya. Oleh karena itu, Umi Pipik hanya bisa mendoakan yang terbaik bagi almarhum Dali, agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Allah Maha Pengasih dan Penyayang, yang tahu keadaan hamba-Nya, jadi saya berpikirnya yang meninggal doakan saja,” tutup Umi Pipik.

Populer video

Berita lainnya