Profil Kobbie Mainoo, Pemain Muda Manchester United dan Timnas Inggris

sumber foto: https://www.instagram.com/kobbie/

Kobbie Mainoo, nama yang mulai menggema di kalangan pecinta sepak bola, khususnya di Inggris dan di ajang Euro 2024 kali ini. Gelandang muda Manchester United ini menjelma menjadi salah satu bintang muda paling potensial di dunia sepak bola saat ini.

PROFIL KOBBIE MAINOO

Lahir di Stockport, Inggris, pada 19 April 2005, Mainoo memulai karirnya di akademi Manchester United. Bakatnya yang luar biasa membuatnya cepat naik pangkat, dan pada tahun 2023, dia dianugerahi penghargaan Pemain Muda Terbaik Jimmy Murphy.

Dia mampu bermain di berbagai posisi di lini tengah, baik sebagai gelandang bertahan, gelandang box-to-box, maupun gelandang serang. Kemampuannya ini membuatnya menarik perhatian Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Mainoo mendapatkan debut tim utamanya pada Januari 2023 di ajang EFL Cup.

Sejak saat itu, dia terus menunjukkan performa yang gemilang dan menjadi salah satu pemain kunci di tim muda Manchester United.

Penampilan Mainoo Bersama Tim Nasional Inggris di Ajang Euro 2024

Mainoo juga telah mencuri perhatian timnas Inggris. Dia melakukan debutnya untuk timnas senior pada Maret 2024, dan menjadi pemain termuda kedua yang bermain untuk Inggris di usia 18 tahun 353 hari.

Saat ini Mainoo dipercaya oleh Gareth Southgate, pelatih Inggris, bermain sebagai gelandang box-to-box. Bersama Declan Rice.di lini tengah, mereka mampu bermain secara solid.

Sepertinya Kobbie diprediksi akan mengisi lini tengah sejak menit awal bersama Rice saat final nanti melawan Spanyol, pada hari Minggu dini hari (16/7) 2024.

Penerus Paul Scholes?

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memberikan pujian besar kepada Kobbie Mainoo. Dalam wawancaranya baru-baru ini, Southgate mengungkapkan kekagumannya terhadap penampilan Kobbie Mainoo.

Ia menilai bahwa sang gelandang mampu tampil dengan apik dan konsisten di fase gugur di mana ia menilai itu sulit untuk dilakukan. “Saya rasa setiap kali ia bermain, ia selalu tampil dengan luar biasa. Jika anda mempertimbangkan usianya, apa yang ia lakukan itu sungguh luar biasa,” ucap Southgate melalui kutipan Manchester Evening News.

“Dia benar-benar jadi pembeda karena sebagai gelandang, ia mampu melakukan pressing dengan baik dan ia mampu merebut bola dengan mudah,”

“Apa yang dia lakukan itu terlihat sederhana, namun nyatanya itu sulit untuk dilakukan. Kami sudah lama tidak memiliki gelandang sepertinya,” sambungnya.

Prestasi

  • Pemain Muda Terbaik Jimmy Murphy (2023)
  • Juara FA Youth Cup (2022)
  • Debut timnas Inggris (2024)

Populer video

Berita lainnya