Mengapa Orang Mengalami Lamunan Maladaptif? Simak Artikel Ini

pic by: canva.com

 Ada banyak penyebab dibalik lamunan seperti ini. Bagi sebagian orang, ini adalah cara untuk mengatasi stres, trauma, atau ketidakpuasan terhadap kehidupan nyata. Yang lain menggunakannya sebagai cara untuk merasakan sensasi dan kesenangan yang tidak mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-ciri kepribadian tertentu seperti kreativitas dan imajinasi yang jelas dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap gangguan ini. Ini bisa sangat berbahaya, tidak seperti lamunan yang tidak berbahaya dan sesekali terjadi. Hal ini dapat menyebabkan penundaan, pengabaian tanggung jawab pribadi atau profesional, dan bahkan isolasi sosial dari teman-teman yang tidak mengerti mengapa anda selalu tersesat.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mungkin mulai merasa bersalah atas banyaknya waktu yang mereka habiskan untuk melamun, namun tetap saja mereka tidak dapat berhenti. Jadi, jika anda mengalami gejala yang disebutkan di atas, kami akan membantu anda mempelajari cara menghentikan lamunan maladaptif dalam 5 langkah sederhana. Bagaimana Cara Menghentikan Lamunan Maladaptif?

  • Kesadaran Diri

Langkah awal adalah menyadari bahwa anda sedang melamun secara berlebihan dan bermasalah. Catatlah, catat jumlah waktu yang anda habiskan untuk melamun dan situasi yang memicunya.

  • Tetapkan Batasan

Tentukan waktu-waktu tertentu untuk melamun. Biarkan diri anda menikmati fantasi dalam waktu singkat dan terjadwal, tetapi tetapkan batasan yang jelas sehingga tidak mengganggu aktivitas yang diperlukan.

  • Tetap Hadir

Terlibat dalam aktivitas yang memerlukan kehadiran mental dan fisik penuh. Olahraga, hobi, bersosialisasi, atau tugas yang menuntut konsentrasi dapat membantu meringankan kecenderungan melamun.

  • Perhatian dan Meditasi

Mempraktikkan perhatian atau meditasi dapat membuat Anda tetap berakar pada momen saat ini dan mengurangi pelarian kompulsif ke dalam fantasi.

  • Tetapkan Tujuan yang Realistis

Fokuskan kembali imajinasi dan energi kreatif anda ke arah tujuan atau proyek kehidupan nyata. Hal ini akan memberikan pencapaian yang terarah dan mengurangi daya tarik dari khayalan kosong. Bergerak Maju… Menjadi seorang pemimpi atau imajinatif sama sekali tidak buruk. Ini adalah kualitas hebat yang mendorong orisinalitas dan pemikiran kritis. Namun, ketika fantasi menjadi maladaptif, fantasi tersebut menghasilkan perasaan negatif yang dapat merugikan individu. Mengendalikannya akan membantu anda mendapatkan kembali waktu dan perhatian sehingga anda dapat lebih menghargai kenyataan dan kehidupan batin.

Populer video

Berita lainnya