Saaih Halilintar Dihujat Netizen setelah Membuat Konten Melepas Lovebird Ke Alam Liar

Saaih Halilintar Dihujat usai Lepas Love Bird ke Alam (Foto: TikTok)
Saaih Halilintar Dihujat usai Lepas Love Bird ke Alam (Foto: TikTok)

Saaih Halilintar belum lama ini terlihat membagikan sebuah konten video di media sosial Tik Tok. Adik dari Atta Halilintar tersebut menggemparkan publik usai unggahan TikTok-nya memicu kritikan dari warganet dan para pecinta burung.

Dalam video tersebut, Saaih terlihat sedang jogging di sepanjang jalan sebelum berhenti di depan sebuah toko burung. Merasa iba melihat burung-burung yang dijual, dia memutuskan membeli seekor burung lovebird dengan bulu kombinasi warna kuning, hijau, orange, dan merah.

Anak keenam dari Geni Faruk dan Anofial Asmid terseut dalam videonya terlihat Saaih yang mengenakan baju tanpa lengan berwarna hitam, celana panjang berwarna hitam serta celana putih pendek tersebut tampak berhenti dan menatap ke arah penjual hewan peliharaan tersebut. Saaih kemudian tampak merogoh saku celana pendeknya dan mengeluarkan selembar uang diduga sebesar Rp 50.000. ia kemudian membeli seekor burung lovebird dan membayar sebesar Rp 50.000 kepada penjual.

Setelah transaksi selesai, Saaih menggenggam burung itu di tangannya, lalu langsung melepaskannya ke udara.Burung lovebird itu terbang sesaat sebelum hilang dari pandangan, sementara penjual burung hanya bisa melihat dengan heran aksi yang dilakukan Saaih.

Video berdurasi 23 detik yang diunggah di akun TikTok pribadi milik @saaihalilintar pada Senin, 8 Juli 2024, itu ditulis dengan keterangan, “Maaf ya bang,” dan diiringi oleh lagu ‘In The Name of Love’ dari Bebe Rexha. Alih-alih mendapatkan pujian, aksi Saaih justru menuai banyak kritik tajam dari netizen. Netizen mengatakan bahwa burung lovebird adalah jenis burung hias yang biasanya dipelihara dalam kandang dan tidak cocok untuk dilepaskan ke alam bebas.

Burung lovebird yang telah lama hidup dalam sangkar tidak memiliki kemampuan untuk mencari makanan sendiri di alam liar, sehingga berpotensi mengalami kelaparan dan malnutrisi.

Berikut beberapa komentar netizen di dalam unggahan saaih “kalau burung Lovebird biasanya juga dia balik lagi ke sangkarnya karena situ ada makanannya”, tulis salah satu netizen, “seminggu kemudian kalo Lovebirdnya ga diambil orang udah pasti bakalan mati kalo dialam bebas”, tulis netizen lain. “sekolah pliss”, tambah netizen lainya.

Hingga saat ini Saaih Halilintar belum memberikan tanggapan atas berbagai kritik yang dilontarkan kepadanya. Aksinya yang semula dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian terhadap burung malah berujung pada kecaman dan komentar negatif netizen.

Populer video

Berita lainnya