Tiga Ciri-Ciri Orang Tanpa Sadar Menilai saat Pertama Kali Bertemu Menurut Seorang Antropolog Biologi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Apakah Anda memberikan kesan yang benar? Tidak peduli berapa banyak aplikasi yang anda gunakan atau seberapa hati-hati anda dalam menghilangkan potensi bahaya. Mungkin ini karena orang-orang sudah tidak tahu lagi bagaimana cara berkencan. Mengenal seseorang dan memulai suatu hubungan memang menantang, meskipun awalnya ada pemikiran bahwa menemukan belahan jiwa anda semudah menggeser layer HP.

Berikut 3 sifat yang secara tidak sadar dinilai orang saat pertama kali bertemu dengan Anda, menurut antropolog biologi Helen Fisher.

1. Gigimu

“Gigi Anda memberi tahu banyak hal tentang usia Anda dan kesehatan Anda,” saran Fisher. Faktanya, identitas gigi anda menunjukkan usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan status sosial anda. Menggeretakkan gigi, khususnya, menunjukkan ciri-ciri psikologis, gaya hidup, dan kepribadian. Misalnya, jika Anda merokok, minum terlalu banyak kopi, atau jika Anda merasa sangat cemas, frustrasi, atau marah dalam hidup.

Saat Anda tersenyum, teman kencan Anda menilai bagaimana penampilan gigi anda. Faktanya, penelitian menemukan bahwa orang dengan gigi lebih putih dianggap sebagai orang yang dapat dipercaya, sukses secara profesional dan finansial, serta menarik. Gigi kuning dan jarak yang “tidak normal” berdampak negatif pada daya tarik. Jika Anda kurang beruntung dalam permainan kencan, mungkin ini saatnya mengunjungi dokter gigi atau membeli produk pemutih gigi untuk membuat senyum Anda benar-benar bersinar.

2. Tata bahasa Anda

“Tata bahasa anda mengungkapkan banyak hal tentang latar belakang sosiologis dan pendidikan anda,” Fisher menambahkan. Banyak orang menganggap tata bahasa yang buruk dalam profil kencan atau secara langsung sebagai hal yang sangat tidak menyenangkan, dan berpikir bahwa jika anda tidak tahu perbedaan antara “di sana” dan “mereka”, Anda tidak layak membuang-buang waktu. Meskipun anda mungkin merasa agak tidak enak mengoreksi tata bahasa seseorang, penelitian menemukan bahwa hal itu berdampak negatif pada kesuksesan berkencan dan persepsi seseorang secara keseluruhan.

Sebuah penelitian menetapkan bahwa 75% pria dan 88% wanita lebih memilih tata bahasa yang baik daripada kepercayaan diri; studi lain menemukan bahwa pria mengurangi peluang mereka untuk mendapatkan nilai kencan sebesar 14% ketika mereka memiliki kesalahan tata bahasa di profil kencan mereka. Untuk meningkatkan peluang Anda memberikan kesan pertama yang baik, asah keterampilan ejaan dan tata bahasa Anda sebaik mungkin. Dan, jika semuanya gagal, gunakan pemeriksaan ejaan sebelum berkomunikasi dengan calon teman kencan.

3. Kepercayaan diri Anda

Seperti yang dijelaskan Fisher, “Kepercayaan diri anda menunjukkan banyak hal tentang stabilitas emosi Anda.” Bagaimana perasaan kita terhadap diri kita sendiri dapat memengaruhi hubungan kita. Jika kita tidak merasa nyaman dengan diri kita sendiri, kita tidak memiliki energi emosional positif untuk fokus pada orang lain.

Terlebih lagi, ketika kita tidak merasa percaya diri, itulah versi diri kita yang kita tampilkan kepada orang lain. Hal ini memperjelas bagi orang lain bahwa Anda merasa tidak nyaman dengan diri Anda sendiri dan berpotensi tidak memiliki kemampuan untuk tetap autentik. Dan calon pasangan sedang mencari hal itu.

Kita telah dibangun dengan sejumlah keterampilan khusus yang bertindak cepat yang dapat membantu kita ketika bertemu seseorang untuk pertama kalinya. “Otak dibangun dengan sangat baik untuk mencoba mengukur seseorang dengan segera,” kata Fisher.

Misalnya, saat anda tidak percaya diri, anda mungkin akan menggigit kuku atau melakukan kebiasaan berulang lainnya, serta menghindari kontak mata, yang membuat Anda tampak cemas dan tidak dapat dipercaya. Jadi, berusahalah meningkatkan kepercayaan diri Anda dengan perubahan kecil dalam satu waktu. Anda tidak hanya mengubah perasaan anda terhadap diri sendiri, tetapi juga cara Anda menampilkan diri kepada orang lain.