Siap-siap! Cara Mengecek Hasil UTBK SNBT 2024 dan Langkah jika Tidak Lolos

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
PIct by Wikipedia

Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) akan segera hadir pada 13 Juni 2024. Berdasarkan informasi dari akun Instagram SNPMB pada Senin, 10 Mei 2024, tersedia 40 tautan pengumuman UTBK SNBT 2024. Terdiri dari satu tautan utama dan 39 tautan mirror. Namun, perlu diingat bahwa pengumuman hanya bisa diakses mulai pukul 15.00 WIB. Tautan utama pengumuman dapat diakses di laman pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Setelah itu, kamu juga bisa mengakses laman mirror yang merupakan laman resmi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dimodifikasi untuk memuat pengumuman SNBT.

Cara Cek Pengumuman SNBT 2024

Untuk mengecek hasil SNBT 2024, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Laman Pengumuman: Kunjungi laman https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.
  2. Navigasi Menu: Klik bagian menu bertanda tiga garis, pilih “SNBT”, lalu klik “Pengumuman SNBT”.
  3. Masukkan Informasi: Buka situs https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau salah satu dari 39 tautan mirror yang tersedia. Isi nomor pendaftaran SNBP dan tanggal lahirmu.
  4. Lihat Hasil: Klik “Lihat Hasil Seleksi”. Status kelulusanmu akan tampil di layar.

Peserta yang lulus akan ditandai dengan header biru, sedangkan peserta yang tidak lulus akan ditandai dengan header merah.

Tautan Pengumuman SNBT 2024

Berikut adalah beberapa laman mirror yang bisa kamu gunakan untuk melihat pengumuman UTBK SNBT 2024 pada 13 Juni mendatang:

Jika Kamu Tidak Lolos SNBT 2024

Jika kamu tidak lolos SNBT 2024, jangan berkecil hati. Kamu masih memiliki beberapa opsi berikut:

  1. Mendaftar Jalur Mandiri PTN: Banyak jalur mandiri PTN yang sudah dibuka sebelum dan sesudah pengumuman SNBT 2024.
  2. Mendaftar Jalur Mandiri PTS: Kampus berstatus swasta juga memiliki kualitas yang tidak kalah bagus. Beberapa kampus swasta bahkan masuk dalam peringkat terbaik dunia versi QS World University Rankings (WUR) 2025, seperti Binus University, Telkom University, Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Atmajaya.
  3. Mendaftar Sekolah Kedinasan: Pendaftaran sekolah kedinasan juga akan ditutup pada 13 Juni 2024, jadi segera mendaftar.
  4. Mendaftar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN): Pendaftaran ini dibuka sampai 15 Juni 2024.

Itulah tautan dan cara cek pengumuman SNBT 2024. Jangan lupa, bagi yang lolos segeralah daftar ulang sesuai ketentuan di masing-masing perguruan tinggi negeri pilihanmu.

Populer video

Berita lainnya